SD XAVERIUS 03 PALEMBANG LAKUKAN KEGIATAN LATPIM

PALEMBANG, MEDIA SRIRIJAYA – Untuk mengakhiri tahun pelajaran 2020/2021 bagi peserta didik kelas 6 di SD Xaverius 03 Palembang, sekolah yang beralamat di Jalan Urip Sumoharjo No. 104/B Sekojo Sungai Buah Lemabang Palembang, berkolaborasi dan berinovasi dan terutama komunikasi  dengan Team Latpim SMP Xaverius 3 Palembang yang berada satu komplek.

Kegiatan ini merupakan bekal awal setelah menempuh pendidikan selama 6 tahun di SD Xaverius 03 Palembang sebelum melanjutkan ke jenjang SMP dengan tujuan untuk lebih kreatif dan inovatif . “  Merupakan hal yang tepat dalam rangka mewujudkan, menghasilkan serta mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan peserta didik,”  kata Christina Tri Utami Kepala SD Xaverius 03 Palembang.

Latihan kepemimpinan bagi siswa SD kelas 6 diberikan karena sebagai generasi muda, para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya, maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting dan strategis bagi upaya mewujudkan tujuan tersebut, baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.

Latihan  Kepemimpinan merupakan kegiatan tahunan  yang dilakukan untuk lebih memahami aspek-aspek kepemimpinan, kedisiplinan, hingga cara menjalankan kehidupannya sehari-hari khususnya siswa  itu sendiri. Kegiatan ini diharapkan agar setiap siswa  mampu mengimplementasikan hasil yang didapat  tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari. Beragam materi yang didapat diharapkan akan membentuk para siswa  yang bertanggung jawab dan amanah dalam mengemban tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.  Kemudian disambung dengan kegiatan Spiritualitas dan bertujuan untuk membentuk dan menanamkan sikap serta pola pikir seorang calon pemimpin, materi Public Speaking yang bertujuan untuk melatih keberanian dalam pengucapan tata bahasa dalam publik. Saat diwawancarai Media Sriwijaya Kepala SMP Xaverius 3 Palembang sebagai narasumber setelah memberikan materi kepada siswa,  mengucapkan selamat kepada peserta latpim  yang telah terpilih dan mengikuti kegiatan  ini. “Saya berharap kegiatan latpim ini dapat berjalan dengan lancar, dan para siswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” ungkap Ludovik Syamsudin dan di akhir kegiatan Kepala SD Xaverius 03 mengharapkan adanya kerjasama yang baik antara Penddik , anak didik dan masyarakat.  “Mudah-mudahan kalian bisa bekerja sama dengan baik dan bisa saling membantu satu sama lain sehingga setelah lulus SD dapat melanjutkan jenjang SMP dengan moral, etika dan tingkah laku yang baik,” harap Christina Tri menutup acara latpim.  (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *