Komisi Yudisial Sumsel Audiensi dengan Wagub Mawardi Yahya

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA –  Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya (MY) menerima audiensi Sekjen Komisi Yudisial Republik Indonesia (KYRI) Penghubung Wilayah Sumsel, Arie Sudihar beserta anggota dalam rangka silaturahmi dan memperkenalkan diri di Ruang Tamu Wakil Gubernur Sumsel, Kamis (23/9).

Melalui kesempatan tersebut Sekjen KYRI Penghubung Wilayah Sumsel, Arie Sudihar menjelaskan bahwa Komisi Yudisial merupakan salah satu dari 8 lembaga negara yang berada di ranah yudikatif. “Kami juga Komisi Yudisial bertugas untuk menunjuk seorang hakim serta mengawasi dan memantau perilaku mereka selama bertugas”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa baru ada 12 kantor pendukung yang tersebar diseluruh Indonesia, termasuk ada tiga di Pulau Sumatera diantaranya Sumsel, Riau, dan Medan. Selain itu disampaikannya bahwa di Sumsel sendiri ada 12 Pengadilan Negeri, 8 Pengadilan Agama dan 1 Pengadilan Militer yang semuanya tingkat pertama. “Sementara untuk sekarang kami baru memiliki 4 personil di Kantor Penghubung Sumsel yang bertugas untuk mengawasi itu semua. Selain  permasalahan tersebut kami juga meminta agar Pemprov Sumsel dapat membantu kami dalam melengkapi fasilitas”, ucapnya.

Sementara itu MY mengatakan bahwa Pemprov Sumselumsel menyambut baik kedatangan KYRI Penghubung Sumsel dan menurutnya ini merupakan keistimewaan yang diberikan pemerintah pusat kepada Sumsel.

Terkait permasalahan yang disampaikan MY menegaskan tentunya Pemprov Sumsel tidak memiliki alasan untuk tidak memfasilitasi KYRI di Wilayah Sumsel, “Terutama Kantor beserta fasilitasnya tentunya akan kami lengkapi dan sebelumnya hal ini akan kami sampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru”, tegas MY.

Turut hadir Karo Hukum & HAM, H. Syahrullah. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *