BRGM Kementerian LHK Lakukan Revitalisasi Ekonomi kepada KKM di Kecamatan Rambutan

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA — Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) kementerian LHK bersama pihak terkait melaksanakan revitalisasi ekonomi kepada Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Kamis (23/9).

Usai mengunjungi infrastruktur sekat kanal yang berfungsi untuk membasahi lahan gambut. Badan Restorasi Gambut dan Mangrove bersama anggota komisi IV DPR RI, Riezki Aprilia turut rembuk bersama Kelompok Kerja Masyarakat. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendiskusikan langkahke depan, sehingga muncul perubahan terhadap kelompok kerja masyarakat mulai dari bidang budidaya ikan, ternak, dan UMKM.

Pemberian bimbingan teknis yang dilakukan di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin ini agar tingkat kemakmuran masyarakat meningkat.

Anggota Komisi IV DPR-RI, Riezki Aprilia menjelaskan, ia akan mendukung restorasi gambut, di tahun ini pihak BRGM Kementerian LHK sudah merestorasi lahan gambut seluas 250 hektar yang sempat rusak. Untuk tahun ke depan targetnya ada 2500 hektar yang akan direstorasi lahan gambut yang rusak. “Insya Allah ke depan kami perwakilan dari Sumsel yang ada di Komisi IV DPR-RI akan segera menindaklanjuti dalam rapat kerja dengan menteri untuk bagaimana tidak lanjut terkait mangrove yang yang berada di wilayah Sumatera Selatan,” paparnya.

Riezki menuturkan, banyaknya mangrove yang rusak di Sumsel ini dikarenakan lalulintas tambang. “Tentunya ini perlu atensi khusus dari pihak kementerian BRGM untuk ke depannya,” ujarnya.

Sementara, PLT Kepala Bagian Penyusunan Anggaran Biro Perencanaan KLHK, Anny Meilani berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan program-programnya. “Untuk ke depannya juga semoga ada perbaikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di Sumatera Selatan dan juga di Indonesia,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, guna percepatan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, pihak BRGM memberi bantuan kepada Kelompok Kerja Masyarakat, seperti budidaya ikan lele dan ternak kambing agar dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat. (ydp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.