Mahasiswa UKMC Hidupi Habitus Baru

Keterangan foto: Rektor UKMC, Dr. Antonius Singgih Setiawan, berkenan menyapa peserta IW dan membuka secara resmi kegiatan.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Unika Musi Charitas Palembang kembali melaksanakan salah satu program pembinaan dan pengembangan karakter dan soft skills bagi mahasiswa-mahasiswinya. Program bertajuk Integrity Weekend (IW) ini merupakan program tahunan yang difasilitasi oleh Kantor Kemahasiswaan dan Alumni (KKA) bekerja sama dengan Campus Ministry (CM). Mahasiswa-mahasiswi semester III diwajibkan mengikuti kegiatan pembinaan ini sebagai bekal untuk berkiprah di semester-semester selanjutnya.
Rektor UKMC, Dr. Antonius Singgih Setiawan, berkenan menyapa peserta IW dan membuka secara resmi kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 13 November 2021 ini. Dalam sambutannya, beliau memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti proses kegiatan dengan baik dan semangat sekalipun dilaksanakan secara online karena situasi pandemi. Kegiatan berlangsung dengan penuh antusiasmedari pukul 8.30 hingga pukul 16.00 dan dihadiri oleh 420 mahasiswa UKMC.
Kegiatan IW juga menjadi wadah yang baik untuk memahami dan menginternalisasi nilai CHAMPION yakni Charity, Humanity, Altruisme, Managing Capacity, Persistence, Integrity, Open Mindedness, Novelty. CHAMPION adalah core values atau nilai pokok UKMC, yang mulai digemakan sejak mahasiswa-mahasiswi mengikuti Inisiasi di awal masuk dan dalam Mata Kuliah Spiritualitas UKMC. IW kali ini difasilitasi oleh beberapa narasumber yakni: Rm. Anselmus Inharjanto SCJ, Sr. M. Silviana FCh, Bapak Frans Sugiyana, Rm. C. Kristianto SCJ, Br. Ignasius Heri S. Wangsa SCJ.
Tema yang diangkat dalam program IW tahun ini adalah “ Menghidupi Habitus Baru ”. Tema ini hendak merespon situasi pandemi yang terjadi sejak tahun 2020 yang lalu hingga saat ini. Harapannya, mahasiswa terbantu meyadari dan menghayati keberadaannya saat ini dan siap ambil bagian dalam menghidupi habitus atau kebiasaan-kebiasaan baru. Peserta selayaknya menjadi pribadi integral yang tidak mudah tersesat diranah digital, tutur Rm. A. Inharjanto, SCJ dalam paparannya. Penyadaran dan internalisasi mutiara CHAMPION menjadi refleksi selanjutnya yang disampaikan oleh Rm. C. Kristianto SCJ, kemudian dilanjutkan dengan materi bagaimana menjadi pribadi yang terinspirasi CHAMPION yang difasilitasi oleh Frans Sugiyana dan Br. Ignasius Heri SCJ.
Initisari materi Integrity Weekend kali ini adalah mengajak seluruh mahasiswa UKMC tumbuh menjadi pribadi yang menghidupi dan memperjuangkan nilai CHAMPION, mampu menghargai martabat manusia, menjadi pribadi yang bermutu dan mampu mengendalikan diri, memiliki daya juang serta integritas, memiliki wawasan yang luas serta mampu membawa perubahan yang positif dan menginsirasi orang lain. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *