UIN Raden Fatah Tuan Rumah Fokus Group Discussion Serta Evaluasi UM-PTKIN Tahun 2022 se-Indonesia

 

img

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA –  Jum’at, 1 Juli 2022 bertempat di Ballroom Hotel Novotel Palembang diadakannya kegiatan Fokus Group Discussion Serta Evaluasi UM-PTKIN Tahun 2022 yang dihadiri oleh seluruh Rektor beserta seluruh Tim PMB PTKIN di seluruh Indonesia dan beberapa tamu undangan. UIN Raden Fatah Palembang menjadi tuan rumah penyelenggara acara skala nasional ini.

Kegiatan ini ditandai dengan penyampaian Laporan oleh Ketua Panitia Nasional PMB PTKIN Tahun 2022, yaitu yang pertama UM-PTKIN sudah dilaksanakan hal ini menandai bahwa seleksi kegiatan PMB dari jalur yang tersentral dan berakhir pada tanggal 30 juni 2022. Kegiatan ini juga menandai salah satu proses penerimaan mahasiswa baru di UIN, STAIN, IAIN dan dalam organisasi PMB.

Laporan kedua, pelaksanaan UM-PTKIN mencapai 97% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwasannya antusias mahasiswa baru cukup semangat untuk masuk ke perguruan tinggi berbasis keagamaan. Pendaftaran pada tahun ini juga mengalami peningkatan di beberapa kampus, seperti STAIN Mandailing Natal meningkat 85%, IAIN Papua, STAIN Sultan Abdurrahman meningkat sekitar 76%. Namun untuk beberapa kampus lain seperti UIN Jakarta, UIN Bandung, UIN yogyakata, UIN Semarang dan Medan  meningkat banyak sebab mereka adalah kampus besar.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan arahan bagi forum PMB PTKIN beserta panitia. Arahan pada acara Fokus Group Discussion ini disampaikan oleh Dirjen, PLL Dirjen serta Direktur PTKAI, Sekretaris Dirjen dan Pimpinan Forum.

Diadakannya UM-PTKIN ini untuk menciptakan mahasiswa/i yang berprestasi dan berkulitas serta meningkatkan aktreditasi prodi dan kampus yang menjadi pilihannya.  Dengan meningkatnya aktreditasi kampus membuat peluang besar untuk kampus tersebut membangun atau mendirikan prodi – prodi baru dan fakultas – fakultas baru yang bermutu. Pada tahun 2022 calon mahasiswa baru yang memilih jalur UM-PTKIN meningkat tinggi dan ada 10 Universitas Islam Negri yang menjadi pilihan teratas para calon mahasiswa yang mengikuti UM-PTKIN. Dari 142. 716 peserta yang mendaftar dan sekitar 63. 717 peserta yang dinyatakan lolos jalur UM-PTKIN.  Dengan jalur UM-PTKIN diharapkan dapat menumbuhkan atau menciptakan sdm – sdm yang berprestasi. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.