HeadlineHukum&KriminalPalembangPolda SumselSUMSEL

Tim Gabungan Opsnal Reskrim Polsek Sukarami dan Satreskrim Polrestabes Palembang Amankan 3 dari 6 Pelaku Perampok Bersenpira

PALEMBANG. MEDIASRIWIJAYA –  3 dari 6 pelaku komplotan perampokan bersenjata api rakitan (senpira) toko kelontongan di kawasan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Palembang, diamankan tim gabungan Opsnal Reskrim Polsek Sukarami dan Satreskrim Polrestabes Palembang.

Tiga pelaku yang diamankan yaitu, tersangka Pardiansyah alias Demang (32), tersangka Reza Apriandi (23) dan Khoiruzzaman (23) ketiganya warga Kecamatan Madang Suku II Kabupaten OKU Timur Sumsel. Sedangkan tiga pelaku yang masih DPO yaitu berinisial FSG, AD alias NW dan AA.

Dalam aksinya, keenam tersangka beraksi sekitar pukul 12.30 Wib, dimana kondisi toko dalam keadaan sepi yang hanya dijaga oleh korban Listina. Melihat hal tersebut, tersangka Pardiansyah alias Demang bersama dengan tersangka FSG (DPO) masuk ke dalam toko, sedangkan tersangka AS alias NW (DPO) dan tersangka  AA (DPO) menunggu dan mengawasi toko, sedangkan dua tersangka lagi Reza dan Khoiruzzaman selain menyediakan tempat kumpul, menyimpang barang bukti senpira dan juga menikmati hasil.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo S, mengatakan jika aksi kawanan perampok ini cukup cepat, terbilang hanya butuh waktu lima menit beraksi, Rp 15 juta yang mereka ambil. Ini suatu aksi yang direncanakan, dengan menggunakan senpira jenis repolver kaliber 9 mm, para tersangka berhasil membawa kabur uang tunai Rp 15 juta hasil penjualan hari itu. “Tersangka D ini sebagai eksekutor menodongkan pistol jenis revolver 9mm digunakan untuk kejahatan sedangkan dua orang yang kita amankan ini yang mengetahui perencanaan dan kegiatan perampokan tersebut, notabenenya membantu menyimpankan senjata api sebagai barang bukti utama, dan juga menerima hasil kejahatan perampokan tersebut istilahnya gerakan tutup mulutlah,” ungkap Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo S. didampingi Kasat Reskrim, AKBP Haris Dinzah danKapolsek Sukarami, Kompol Ikang, Kamis (21/9).

Untuk tiga pelaku FSG, AD alias NW dan AA. Kombes Pol Harryo, mengingatkan jika pihak kepolisian telah mengetahu identitas ke tiga tersangka dengan jelas, saat ini masih proses pengejaran. “Untuk saudara FSG, AD alias NW dan AA tiga orang ini dalam proses pengejaran kita, sudah kita identifikasi, sudah kita mengetahui wajahnya, jika pada saatnya nanti kita akan melakukan upaya penangkapan”, ingatnya.

Petugas juga mengamankan barang bukti, berupa. Satu buah senpira jenis revolver, satu unit motor, 4 buah helm,  satu tas ransel, dua pasang sepatu, dan beberpa pakaian milik tersangka yang digunakan saat kejadian.

Tersangka tersangka Reza Apriandi (23) dan Khoiruzzaman (23) ditangkap di kawasan Plaju Palembang, pada hari sabtu (09/9) sedangkan tersangka Demang ditangkap dilokasi pelariannya di Desa Cicalung Kecamatan Lembang Jawa Barat pada hari Selasa (19/0) sekitar pukul 01.30 Wib. Dan uang hasil perampokan telah hanis untuk biaya pelarian dan persembunyian. “Dua ditangkap di Palembang, dan tersangka D melarikan diri ke pulau Jawa Barat Kecamatan Lembang.  Di situlah kita berhasil menangkap pelaku kejahatan dan uang hasil kejahatan sudah habis digunakan untuk pelariannya,” ujar Kombes Pol Harryo.

Atas perbuatanya para tersangka,  terancam tindak pidana yang mana diatur dalam Pasal 365  Ayat (2) Ke 2e KUH Pidana,  atau Pasal 365 Ayat  (1) dan Pasal 480 Ayat (1) Ke 1e KUH Pidana, dengan ancaman pidana penjara 12 tahun penjara. (Ly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *