SMB IV dan Keluarga Ziarah ke Kawah Tekurep, Komplek Makam Kesultanan Palembang Darussalam

PALEMBANG,  MEDIASRIWIJAYA – Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn bersama keluarga  melakukan ziarah ke makam leluhur di kawah tekurep, kawasan Boom Baru, Palembang, Jumat (14/5) di hari kedua Lebaran 1442 H.

Dalam ziarah tersebut SMB IV melakukan ziarah ke makam Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) III Prabu Diradja, Kombes Pol (Pur) Drs. Raden Muhammad Sjaefei Diradja, SH yang merupakan orang tua dari SMB IV lalu dilanjutkan ke ziarah makam SMB I  lalu ke makam Sultan Ahmad Najamuddin, makam Sultan Muhammad Bahaudin  dan makam susuhunan Husin Dhiauddin. “Sudah menjadi kebiasaan dari zuriat Kesultanan Palembang Darussalam di hari raya Idul Fitri melakukan ziarah ke makam kawah Tekurep, Palembang.

Menurutnya didalam makam kawah tekurep tersebut di makamkan SMB III lalu SMB I Jayo Wikramo yang merupakan leluhurnya . “Setelah ke makam SMB I lalu ke makam anaknya Sultan Ahmad Najamuddin,  Sultan Muhammad Bahaudin dan lain-lain,  sedangkan SMB II yang diasingkan ke Ternate, yang kita ketahui bahwa  perjuangan beliaulah Palembang bisa besar tapi karena keserakahan dari pada VOC dan Belanda akibatnya kita dihancurkan , banyak sekali adat, budaya kita yang hilang, jadi kita sebagai penerus  harus melestarikan  adat dan budaya Kesultanan Palembang Darussalam, mudah-mudahan kedepan semua peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam tidak hilang,” katanya.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai notaris dan PPAT ini berharap semoga dengan ziarah ini  masyarakat Palembang akan selalu mengingat  jasa –jasa mereka dan selalu merawat dari peninggalan dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Sebelumnya, Sultan Palembang,  Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn melaksanakan Sholat Ied  1442 H di rumah. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari menjalankan putusan pemerintah terkait pelaksanaan ibadah di rumah masing-masing di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terutama kota Palembang, Kamis (13/5).

SMB IV sendiri bertindak sebagai imam Sholat Idul Fitri diikuti anak-anak dan istrinya di rumah pribadinya di Palembang. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *