HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Profesi Ners UKMC Berikan Asuhan Keperawatan Komprehensif dan Holistik di Panti Werdha

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Mahasiswa Program Profesi Ners Unika Musi Charitas melakukan kegiatan praktik klinik Keperawatan Gerontik di Panti sosial Lanjut Usia Harapan Kita (PSLU-HP) KM 6.5. dan Panti Werdha Darma Bakti Kasih KM 7 Palembang, Kegiatan ini berlangsung gelombang 1pada 01-13 Mei 2023 sedangkan gelombang 2 pada 22 Mei -03 Juni 2023. Praktik Klinik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik mahasiswa Profesi Ners, serta untuk mengaplikasikan asuhan keperawatan gerontik secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Selaku Dosen pembimbing praktik Klinik Keperawatan gerontik (PPKG) Ns.Lilik Pranata, S.Kep.,M.Kes;Ns Aniska Indah Fari, M.Kep ; Ns. Vausta N, MAN; Ns. Srimiyati M.Kep ; Ns. Aprida Manurung, M.Kep. menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan asuhan keperawatan gerontik secara holistik dan komprehenshif, menekankan pada penyelesaian masalah keperawatan yang terjadi pada lansia seperti adanya gangguan secara fisik, kognitif dan psikis, dengan memberikan intervensi yang tepat dan sesuai masalah yang ditemukan pada lansia, mahasiswa melakukan kegiatan personal hygiene pada semua lansia, meningkatkan nutrisi lansia dengan membantu makan setiap hari dan masih banyak lagi kegiatannya.

Ns. Bangun Dwi Hardika, S.Kep.,M.K.M., sebagai Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Unika Musi Charitas menyatakan Mahasiswa juga melakukan terapi Komplementer pada lansia bedrest dan aktip dengan tema: Rheumatism exercise therapypadalansia dengan gangguan Rhematoid atritis; Application of warm water compresspada lansia yang mengalami nyeri; serta melakukan Educational and Therapeutic combination of colouring with rhythmic musicpada lansia gangguan kognitif. diakhir kegiatan mahasiswa melakukan basuh kaki lansia, yang merupakan suatu tanda bakti seorang anak kepada orang tua, tujuan kegiatan meningkatkan kepekaan mahasiswa agar selalu menghormati orang tua dan selalu mengedepankan cinta kasih kepada sesama dalam segala hal.

Kegiatan praktik klinik juga di bimbing Preseptor Klinik yang kompeten dalam bidangnya adapun di Panti Sosial Lansia Harapan Kita Km 6, 5 Oleh Bapak Parlan S.Kep dan Ibu Ns Ita Purnama S.Kep, sedangkan yang di Panti Werdha Darma Bhaki Kasih KM 7 oleh Dr. Rismala Kesuma, S.Kp., M.Kes dan Tim. Mereka selalu membimbing dengan sabar dan telaten hingga mahasiswa mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan gerontik dengan komprehensif dan holistik.

Sr.Maria Melai, FCH sebagai Kepala Panti Werdha Dharma Bakti Kasih KM 7 Palembang, menuturkan bahwa selain kegiatan praktik mahasiswa profesi bentuk pelayanan keperawatan gerontik di Panti bagi lansia merupakan kegiatan sosial dan humanis yang menjadi bentuk tali asih dan perhatian kita kepada lansia , semoga menjadi amal dan ibadah bagi semua. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *