HeadlineMUBANUSANTARASUMSEL

Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke 78, Pemkab Muba Gelar Lomba Permainan Tradisional

SEKAYU, MEDIASRIWIJAYA – Permainan tradisional tarik tambang, balap karung, terompa dan enggrang menyemarakkan perayaan HUT RI ke-78 di Kabupaten Musi Banyuasin. Lomba permainan tradisional tersebut digelar di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Muba, Senin (14/8).

Pembukaan lomba permainan tradisional ini, di buka secara resmi oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud melalui Pj Sekda Muba Musni Wijaya SSos MSi.

Dalam sambutannya Musni Wijaya mengatakan, kegiatan perlombaan tradisional ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI. Di era sekarang tidak bisa dipungkiri bahwasanya, ada banyak permainan tradisional menjadi permainan langka pada jaman sekarang. Anak-anak lebih mengenal permainan canggih yang terdapat pada gadget mereka.”Semoga dengan adanya lomba tradisional ini, bisa kembali mengingatkan dan memperkenalkan permainan tradisional kepada semua masyarakat dan anak-anak. Untuk itu, saya ucapkan selamat bertanding kepada para peserta lakukanlah yang terbaik, karena yang terbaik akan menjadi juara,” ungkapnya.

 

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muba Muhammad Faris SSTP MSi menyampaikan, terdapat 4 jenis permainan tradisional yang hari ini di perlombaan di antaranya, tarik tambang, balap karung, terompa dan enggrang. “Untuk peserta yaitu dari Dinas, Instansi, Kantor Pemkab Muba, kecamatan Sekayu. Dengan total jumlah peserta sebanyak 244 tim.
Tenggelamnya Permainan Tradisional merupakan keprihatinan tersendiri bagi kita, diharapkan generasi saat ini mampu melestarikan kegiatan ini melalui sekolah- sekolah serta kegiatan tambahan dan class meeting,”ujar Faris. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *