HeadlineMUBAPendidikanSUMSEL

Tingkatkan Semangat Belajar Siswa SD, Digelar Lomba Cerdas Ular Tangga

 

Meriahkan HUT RI Ke-78 Digelar Lomba Hafal Naskah Teks Proklamasi Tingkat SD

SEKAYU, MEDIASRIWIJAYA – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Sekayu, menggelar kegiatan lomba tingkat Sekolah Dasar (SD) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Stable Berkuda Sekayu, Senin (14/8).

Ketua Pelaksana Marlina SPd MPdI melaporkan, bahwa ada dua jenis perlombaan yang diadakan yakni lomba Cerdas Ular Tangga dengan jumlah peserta 32 tim dari masing-masing utusan sekolah tingkat SD dalam Kecamatan Sekayu. Kemudian lomba hafal pengucapan Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan dengan jumlah peserta 30 orang, utusan dari 30 SD dalam Kecamatan Sekayu. “Lomba Cerdas Ular Tangga ini hampir sama dengan lomba cerdas cermat pada umumnya. Melalui lomba ini bisa mengajarkan bagaimana strategi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswi, dan sesuai juga dengan kurikulum merdeka yang sudah mulai diterapkan,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Drs Iskandar Syahrianto MH menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan lomba ini yang diinisiasi oleh KKKS Kecamatan Sekayu.”Kita apresiasi kegiatan perlombaan pada hari ini, salah satunya lomba cerdas ular tangga yang kita nilai bisa meningkatkan semangat dan kreativitas peserta didik di tingkat SD,”ujar Iskandar.

Iskandar juga menyebutkan, sesuai dengan kurikulum merdeka, esensi dari merdeka belajar sendiri, yaitu kebebasan berpikir yang ditujukan kepada siswa dan guru, sehingga mendorong terbentuk karakter jiwa merdeka. Sebab, siswa dan guru dapat mengekplorasi pengetahuan dari lingkungannya.”Nah melalui lomba cerdas ular tangga ini semoga bisa lebih mengekplorasi siswa dan guru di sekolah, dengan demikian bisa menambah minat peserta didik untuk belajar lebih giat dengan metode belajar sambil bermain. Semoga bisa diimplementasikan di sekolah masing-masing, dan bisa jadi contoh atau pionir bagi sekolah di luar kecamatan Sekayu lainnya dalam Kabupaten Muba,”pungkasnya. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *