HeadlineNUSANTARAPalembangPendidikan

Pameran dan Unjuk Kreativitas SMP Xaverius 1 Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Menjelang akhir pembelajaran semester I peserta didik klas IX SMPK Frater Xaverius 1 Palembang pada Senin-Selasa ( 22-23/11) menyelenggarakan unjuk kebolehannya dalam bidang kreatifitas dan seni pameran kelas berupa produk-pruduk lukisan hasil kinerja karya setiap peserta didik dan kreatifitas berupa seni teater, seni musik. Pameran kelas atau kreatifitas sekolah merupakan kegiatan studi untuk menampilkan hasil karya kinerja siswa. Pameran karya seni rupa kelas/sekolah merupakan kegiatan menyajikan karya seni rupa yang dihasilkan siswa selama menempuh pembelajaran di sekolah selama semester 1 ini kepada orang banyak. Baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Irine Rahayu guru Seni Musik, Bpk Frans Abdullah Soleh, Ibu Debbie dll

Unjuk kreativitas peserta didik SMPK Frater Xaverius 1 Palembang pada Selasa (23/11/2021) selain dikunjungi peserta didik secara intern juga mendapat kunjungan peserta didik dari kakak-kakak sekolah yang berasal SMA Xaverius 2, SMA Xaverius 3, SMA Xaverius 4 dan SMK Xaverius Palembang. Selain kunjungan peserta didik dan guru pendamping mengadakan sosialisasi promosi keberadaan sekolahnya masing-masing. Suratman Waka Humas SMP Xaverius 1 Palembang kepada Media Sriwijaya mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karya mereka kepada masyarakat di lingkungan sekolah ataupun masyarakat umum untuk dilihat, dinilai, dikagumi, atau dikritik. “ Manfaat pameran kelas atau sekolah dan unjuk kretifitas antara lain : Siswa mampu menunjukkan apresiasi melalui kreativitas di bidang seni Pameran dapat digunakan sebagai media apresiasi karena di dalamnya menampilkan berbagai jenis karya seni rupa. Hal tersebut dapat memberikan pengetahuan siswa tentang berbagai corak, gaya, dan teknik karya seni rupa yang dipajang dalam kegiatan pameran. “ ungkap Suratman.

Pameran dan ujuk kreativitas di sekolah memiliki fungsi sebagai sarana yang strategis dalam memupuk, membina, dan mengembangkan kemampuan atau bakat siswa dalam melakukan apresiasi terhadap karya seni yang dipamerkan. Melalui kegiatan pameran, siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan atau sikap. Melalui kegiatan pameran siswa dilatih untuk memberikan tanggapan dan penilaian baik secara lisan, tertulis, maupun melalui perbuatan/sikap. Kehadiran pameran dalam konteks pembelajaran di sekolah memiliki fungsi tersendiri. Diantaranya fungsi pendidikan (edukasi) untuk melakukan penilaian terhadap karya seni yang dipamerkan dan fungsi hiburan (rekreasi) bagi warga sekolah dan masyarakat sekitarnya. “ Bermanfaat membangkitkan motivasi siswa sekolah dalam berkarya seni. Melalui pameran, karya-karya dan unjuk kreatifitas musik dan teater para siswa akan dilihat oleh masyarakat sehingga para siswa termotivasi untuk menghasilkan karya yang terbaik. Hal tersebut akan memunculkan persaingan yang sehat, terarah, dan dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berkarya. “ kata Fr M Faustianus Banusu BHK Kepala SMPK Frater Xaverius 1 Palembang. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *