EkonomiHeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Maryadi: Berdayakan Sekanak Lambidaro Jadi Destinasi Wisata

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA –  Aliran Sungai Sakanak Lambidaro yang menjadi salah satu icon baru di Kota Palembang. Menjadi gotong royong spesial karena akan menjadi spot baru destinasi wisata di kota tertua di Indonesia.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Maryadi ST, M.Si mengatakan,” Pagi ini kita bersama-sama menelusuri sungai Sekanak Lambidaro sambil bergotong royong membersihkan sampah, yang mana rencananya akan diadakan festival kita juga akan menebarkan benih ikan,” katanya saat usai menelusuri sungai sekanak lambidaro, Minggu (30/01/2022).

“Dengan menjaga dan memelihara sungai lambidaro ini tentunya efeknya menjadi tempat pariwisata, ini adalah restorasi sungai lambidaro yang kita kerjakan bersama sama dengan para OPD kota maupun provinsi dan steakhorder balai sungai, kita persembahkan untuk masyarakat kota Palembang. Saya mengharapkan agar kedepan masyarakat juga turut menjaga kawasan ini,” imbuhnya.

Maryadi menjelaskan,” restorasi sungai ini sepanjang 800 meter yang kedepannnya kita lanjutkan 1,4km, kalau luas tamannya ini lebih kurang 500m kita akan merestorasi kantor Sekber Komunitas Peduli Sungai Kota Palembang yang akan di hibahkan kepada kita buat penataan yang lebih baik lagi penataan taman sungai lambidaro untuk tahap 2 dengan anggaran 9.8 milyar,” ucapnya.

Untuk jembatan disini akan kita desain dan akan kita ubah untuk kita buat jembatan melengkung supaya bisa di lewati perahu. Untuk transportasi wisata airnya nanti kita serahkan ke bapak walikota. Rencana awal bulan April nanti kita akan merestorasi sepanjang 1,4KM sementara kita hanya bisa restorasi dua jembatan.,” Jelasnya.

Pihaknya bekerjasama dengan 34 komunitas pencinta sungai untuk mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sebarangan. Sehingga kawasan wilayah sungai Sekanak Lambidaro akan tetap terawat,” tutupnya.

Walikota Palembang H. Harnojoyo melalui, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palembang, Ansori menjelaskan, dalam kegiatan kali ini, Pemerintah kota Palembang sengaja melakukan kegiatan gotong royong di di sepanjang aliran Sungai Sekanak Palembang, guna mengajak masyarakat untuk menjaga keindahan sungai di kota Palembang.“Marilah kita jaga dan kita lestarikan sungai. Peran serta masyarakat itu sangatlah penting, khususnya menghilangkan kebiasaan-kebiasaan membuang sampah sembarangan,” kata Ansori.

Masih dikatakan Ansori, bahwa kegiatan gotong royong di sepanjang aliran Sungai Sekanak tersebut, juga sengaja dilakukan guna memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk terus mempertahankan keindahan sungai Sekanak. “Karena kita ketahui, bahwa sungai ini dulunya seperti apa dan saat ini bagaimana. Bahkan masyarakat juga telah memanfaatkan untuk berkunjung ke sini (red),” ujarnya.

Selain dihadiri oleh TP PKK, DWP kota Palembang serta masyarakat sekitar, kegiatan gotong royong di aliran Sungai Sekanak Lambidaro tersebut juga nampak dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah kota Palembang tanpa terkecuali. (wwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *