HeadlinePalembangSUMSEL

Bakti Sosial Natal Gereja Katolik St. Stefanus Palembang: Donor Darah dan Penghijauan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Dalam semangat Natal yang penuh kasih, Panitia Natal Gereja Katolik St. Stefanus Palembang menggelar bakti sosial yang memadukan kegiatan donor darah, pembagian pohon kepada pendonor, dan penanaman pohon untuk penghijauan lingkungan. Acara ini telah sukses diselenggarakan pada tanggal 10 Desember yang lalu di gereja tersebut. Lebih dari 50 peserta aktif turut serta dalam kegiatan ini sebagai pendonor darah, yang berlangsung atas kerjasama yang erat antara Panitia Natal Gereja Katolik St. Stefanus Palembang, Tzu Chi Sinar Mas, dan Paguyuban Sinar Mas. Kegiatan donor darah ini tidak hanya memberikan manfaat kesehatan bagi peserta tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi kehidupan kepada sesama. Selain itu, sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan, panitia juga mengadakan kegiatan penanaman pohon. Bibit Pohon dan tanaman buah tersebut berasal dari bantuan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I.


Sementara kegiatan donor darah berlangung, juga telah ditanam sejumlah pohon di halaman belakang gereja untuk mendukung upaya penghijauan kota Palembang. Pembagian pohon kepada pendonor juga menjadilangkah inspiratif untuk mendorong kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan. Pihak Tzu Chi yang diwakili oleh Ibu Dewi menuturkan bahwa bakti sosial yang diselenggarakan ini merupakan komitmen dari Tzu Chi untuk terlibat aktif dalam semua kegiatan social kemanusian. “ Kegiatan donor darah ini merupakan yang keempat kali diselenggarakan di gereja Stefanus Palembang” ujarnya.

Iwan Setiawan selaku ketua Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan juga menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas terselenggaranya bakti social donor darah dan pembagian serta penananam bibit pohon buah. “Sinar Mas berkomitmen untuk membantu dan berpastipasi secara aktif dalam kegiatan kegiatan social, sebelum bakti sosial di gereja ini, Sinar Mas juga adakan kegiatan sosial di Pesantren” tuturnya.

Thomas Hariadi, ketua DPP menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama dengan berbagai pihak sehingga kegiatan donor serta pembagian penananam bibit bisa berlangsung, juga kepada para pendonor yang telah bersedia mendonorkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Secara terpisah, Pastor Gereja Katolik St. Stefanus Palembang, Romo Simon Margono, dalam komentarnya via whatapps, menyampaikan rasa syukur atas antusiasme para peserta yang telah turut serta aktif dalam kegiatan bakti sosial ini. Ia juga mengapresiasi kerjasama serta kontribusi yang diberikan oleh Tzu Chi Sinar Mas dan Paguyuban Sinar Mas dalam menjadikan acara ini berhasil.

Martinus Endro Saputo, kepada media ini menuturkan acara bakti sosial ini tidak hanya menciptakan momen kebersamaan menjelang perayaan Natal, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya nilai-nilai solidaritas, kepedulian terhadap sesama, dan tanggung jawab terhadap lingkungan hidup dengan harapan seluruh kegiatan dan persiapan jelang natal dapat semakin menyelaraskan semangat umat tema Natal tahun ini “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *