HeadlineHukum&KriminalNasionalPalembangSUMSEL

Lanud SMH dan Petugas Gabungan Keamanan Bandara SMB II Palembang Gagalkan Pengiriman Paket Ganja

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Lanud Sri Mulyono Herlambang dan petugas gabungan keamanan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, kembali berhasil menggagalkan pengiriman paket berisi narkoba jenis ganja kering dengan berat bruto 769 gram, Sabtu (23/9) sekitar pukul 10.40 Wib.

Penemuan satu paket, saat petugas melakukan pengecekan melalui X-Ray, terhadap semua barang paket yang masuk di Cargo Bandara SMB II Palembang, dimana paket yang berisi narkoba jenis ganja kering ini dari kota Palembang dengan tujuan Lombok Provinsi NTB langsung dilakukan pemeriksaan mendalam oleh petugas gabungan. “Sekitar pukul 10.40 Wib seksi di Cargo Bandara SMB II Palembang telah menemukan satu buah paket yang berisi dan dicurigai paket berisi ganja kering setelah ditimbang beratnya sekitar 769 gram oleh petugas Avsec Bandara SMB II Palembang,” ungkap Komandan Lanud SMH Palembang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S. didampingi Kepala Dinas Avsec Bandara SMB II, Ade Chandra dan perwakilan Pos Pengamanan Bersama SMB II Palembang dari Polsek Sukarami Polrestabes Palembang, Bripka Riki.

Kotak paket mencurigakan ini, saat dibuka berisikan narkotika jenis ganja kering, yang di dalam paket berisikan plastic dan ganja dibungkus dengan pakaian celana jean warna buru. Setelah ditimbang satu paket ganja kering dengan berat bruto 769 gram. Rencana paket ganja ini akan dikirim dari Palembang, transit ke Surabaya baru ke tujuan pengiriman daerah Lombok NTB atas nama Amri.

Lanud SMH II Palembang bersama stakeholder terkait di Bandara Internasional SMB II Palembang, berupaya bersama- sama untuk menekan laju peredaran narkoba yang akan menggunakan jalur udara dalam pengiriman barang haram tersebut. “Ganja ini rencananya akan dikirim ke Lombok melalui Surabaya, jadi dari rute Palembang Surabaya baru ke Lombok, alhamdulilah ini bisa dicegah oleh petugas, sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada petugas terkait, dalam melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujar Kolonel Pnb Sigit.

Bandara Internasional SMB II Palembang, sebagai Objek Vital Nasional dikatakan Danlanud SMH Palembang, Kolonel PNB Sigit, sejak tahun 2022 hingga tahun 2023, pihaknya telah berhasil menggagalkan pengiriman narkotika melalui jalur udara sebanyak 6,5 kilogram. “Kami menyadari Bandara SMB II Palembang ini Objek Vital Nasional yang sangat strategis dan kami berupaya mencegah segala kemungkinan upaya untuk memanfaatkan objek vital yang strategis ini salah satunya sebagai pintu gerbang peredaran narkoba, di tahun 2022 sampai 2023 kita sudah menggagalkan pengiriman narkoba jenis ganja kering di Bandara sebanyak 6,5 kilogram,” jelasnya.

Usai melakukan pemeriksaan, ganja kering tersebut oleh pihak Lanud SMH Palembang, akan diserahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel, untuk ditindaklanjuti siapa milik ganja kering tersebut. (Ly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *