Koramil Mempawah Hulu Pantau Adat Balala’

Landak – Babinsa 1201-07/Mempawah Hulu, Serda Arifudin menghadiri pelaksanaan ritual adat Balala’ Ba Pantang Nagari yang wajib dilaksanakan mulai hari Rabu tanggal 26 Mei hingga tutup Saka pada Kamis 27 Mei pukul 18.00 WIB.

“Danramil 1201-07/Mempawah Hulu,menyampaikan pada Hari Kamis tanggal 27 Mei 2021 pukul 18.00 wib pelaksanaan balala”Ba Pantang Nagari selama satu hari, aktifitas masyarakat Kecamatan Mempawah Hulu, Kecamatan Sompak lengang, tenang menjalani beberapa Ba Pantang Nagari, tidak bepergian, kecuali ada urusan yang tidak bisa ditunda, tidak boleh keluar rumah atau aktifitas lainnya,” ujar Danramil Mempawah Hulu, Kapten Inf. Ceng Deding,

Dikatakan, ia sangat mendukung ritual Balala’ Ba Pantang Nagari, karena selain sebagai upaya melestarikan budaya masyarakat adat, ritual ini juga membantu menekan tingkat penularan Covid-19.

“Ritual ini dukungan nyata masyarakat adat terhadap pemerintah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Mempawah Hulu, Yulinus Raoni mengungkapkan ritual Balala’ ini diadakan untuk mencegah segala penyakit, termasuk Covid-19. Selama masa berpantang, kata dia, seluruh mobilitas masyarakat dibatasi.

“Didalam adat Balala juga ada unsur tolak balak yang berfungsi meredam kejadian-kejadian yang dapat menggangu kehidupan manusia,” ucapnya. (mph1201)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *