Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Provinsi Sumsel menggelar acara Tournament Bola Basket antar Pelajar Tingkat SMA/SMK Se- Kota Palembang.

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA -Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Provinsi Sumsel menggelar acara Tournament Bola Basket antar Pelajar Tingkat SMA/SMK Se- Kota Palembang yang memperebutkan Piala Gubernur Sumsel Tahun 2021.Tournament tersebut diselenggarakan di SMA Negeri 1 Palembang, Sabtu (26/9/2021) .

Acara yang dihadiri oleh Gubernur Sumsel yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel Drs. Ahmad Yusuf Wibowo, Ketua Panitia KONI Sumsel Napoleon, Diknas Provinsi Sumsel, Perwakilan Bank Sumsel Babel dan beberapa Kepala Sekolah SMA/SMK di Kota Palembang.

Tournament Basket ini diwarnai oleh atraksi Drumband Larantuka SMA Negeri 1 Palembang yang sangat memukau sehingga memberikan kesan untuk menambah semangat dalam bertanding. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumatera Selatan, Ahmad Yusuf Wibowo ketika diwawancarai mengatakan bahwa tournament ini sebagai ajang Optomisme untuk membangkitkan gairah olehraga namun tetap mematuhi protokol kesehatan.

Karena di masa pandemi yang masih berlangsung ini pihaknya optomis dapat melaksanakan kegiatan olahraga dengan protokol kesehatan yang ketat. “Dengan adanya pertandingan ini sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi antar pelajar di Kota Palembang selain itu juga sebagai ajang untuk mencari bibit olahraga.Apalagi kita sudah bekerjasama dengan Junior NBA yang sudah terjalin selama 4 tahun ini.Jadi guru olahraga, pelatih olahraga basket kita Coaching clinic yakni pembimbingan singkat dalam bentuk pelatihan. Ada lebih dari 2.000 guru olahraga yang ikut Coaching clinic melalui Junior NBA,” katanya.

Pertandingan basket ini, insya allah akan kita lanjutkan tahun depan mudah mudahan dapat kita laksanakan sampai tingkat Provinsi. “Memang saat ini baru dilaksanakan ditingkat Kota Palembang.Tapi tahun depan mudah mudahan dapat diikuti oleh seluruh SMA/SMK se Sumsel,” ucapnya.

Ahmad Yusuf menuturkan, karena pertandingan ini dilaksanakan di masa pandemi, maka seluruh harus mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. “Jangan sampai kelonggaran yang diberikan Pemerintah membuat kita lengah. Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan pertandingan ini dilaksanakan tanpa penonton.Kegiatan pertandingan olahraga lainnya juga sudah bisa dilaksanakan tapi tanpa penonton,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia KONI Sumsel, M. Napoleon mengatakan, Tournament Bola Basket antar Pelajar Tingkat SMA/SMK Negeri dan Swasta Sekota Palembang ini memperebutkan Piala Gubernur Sumsel Tahun 2021 untuk SMA/SMK se Kota Palembang. Tahun depan, akan dibuat lebih luas lagi dengan empat zona. “Pertandingan yang dibuat Koni Sumsel ini sangat diapresiasi Bapak Gubernur. Karena ini baru pertama kali untuk tingkat SMA/SMK negeri dan swasta,” katanya.

Napoleon mengungkapkan, pertandingan ini bertujuan untuk menjalin persatuan dan kesatuan, menciptakan bibit bibit pemain yang akan dibina agar menjadi profesional. Ketika disinggung pertandingan yang tanpa penonton, Napoleon mengungkapkan, ini tidak mengurangi eforia dan semangat para pemain. “Kita ingin menggairahkan kembali semangat olahraga. Arahan dari Dinkes dan Kepolisian, pelaksanaan pertandingan olahraga harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan tanpa penonton,” bebernya.

Untuk pertandingan ini, sambung Napoleon, diikuti 28 tim putra dan 16 tim putri. Untuk pemenang ada piala piala bergilir dan piala tetap. “Insya Allah saat pertandingan final atau penutupan nanti akan dihadiri langsung oleh Bapak Gubernur Sumsel. Sekaligus menyerahkan piala kepada pemenang,” tandasnya.

Kepsek SMA 1 Palembang H. Moses Ahmad mengatakan,pihaknya hanya menyediakan tempat dan Pelaksananya Koni Sumsel. “Kami mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Dengan adanya turnamen ini terjalin silaturahmi pelajar sekota Palembang dan tahun depan se Provinsi Sumsel,” ucapnya. “Dengan terjalinnya silaturahmi antar pelajar, maka aksi yang tidak baik seperti tawuran diharapkan tidak terjadi. Untuk pertandingan ini, SMAN 1 Palembang mengirim satu tim putra dan satu tim putri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *