Kayu Bakar Untuk Membuat Jenang Dodol

Tapsel,- Pemberdayaan masyarakat dari mulai menyediakan bahan, pembuatan, pengemasan, serta pemasaran jika dikelola dengan baik akan menjadikan pekerjaan utama di Desa Siuhom. Bahannya yaitu kelapa, beras ketan, gula serta perasa mudah didapatkan dan murah harganya di Desa Siuhom, Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Jenang Dodol merupakan makanan tradisional yang turun temurun yang bahannya terbuat dari beras ketan, santan kelapa, gula, dan aroma rasa. Namun yang unik bahan bakar untuk menyalakan api untuk memasak campuran bahan tersebut selama 3-4 jam yaitu kayu bakar,” jelas Mak Rita, Sabtu (12/06/2021).

Nilai kearifan lokal pembuatan jenang dodol membuat cita rasa yang khas terhadap produk makanan ini. Jika dibandingkan dengan olahan yang bahan bakarnya dari gas. Lebih tahan lama dengan cita rasa yang khas yang membedakan dengan makan tradisional lainnya.

“Selain itu juga kekhasan pembuatan dodol memerlukan kejelian, ketelatenan dan tenaga. Pembuatan Dodol harus diaduk agar gelembung-gelembung udara yang terbentuk tidak meluap keluar dari kuali sampai saat dodol tersebut matang dan siap untuk diangkat selama waktu 3-4 Jam untuk mengaduknya,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.