HeadlineNasionalNUSANTARAPagaralamSUMSEL

Gunung Api Dempo Pagar Alam Letuskan Abu Setinggi 2 Km

PAGAR ALAM, MEDIASRIWIJAYA -Aktivitas di kawah Gunung Api Dempo (GAD) terpantau mengalami erupsi hingga mengeluarkan abu hingga 2.000 kilometer, atau membumbung hingga 5.173 meter dari permukaan laut (MDPL). Kejadian erupsi tersebut teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, serta condong
ke arah selatan dan barat daya sejak Selasa (25/7) malam.

“Erupsi ini terekam di Seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi sekitar 3 menit 24 detik,” ungkap Kepala Pos Gunung Api Dempo Pagar Alam, Megian Nugraha, Rabu (26/7). Meski mengalami erupsi, GAD tetap berstatus waspada atau level II. Status tersebut telah ditetapkan sejak 7 Januari 2022 silam. Karena itu pihaknya memberikan rekomendasi kepada masyarakat, pengunjung, ataupun wisatawan, agar tidak mendekati dan bermalam di pusat aktivitas kawah Gunung Api Dempo dalam radius 1 kilometer. “Diharapkan masyarakat tidak berada di arah bukaan kawah sejauh 2 kilometer ke sektor utara. Lantaran kawah sebagai pusat letusan dan gasgas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan,” jelas dia.

Kapolres Pagar Alam, AKBP Erwin Irawan membenarkan kejadian erupsi tersebut. Hanya saja erupsi tidak berdampak pada aktivitas masyarakat.”Sejauh ini tidak ada efeknya ke kota. Hanya saja, kami mengimbau agar masyarakat menjaga jarak radius 1-2 kilometer dari kawah gunung,” jelas dia. Erwin juga meminta masyarakat serta wisatawan untuk tidak melakukan pendakian terlebih dahulu, mengingat kondisi aktivitas di GAD.”Kita mengantisipasi hal yang tak diinginkan, jadi diharapkan tidak melakukan pendakian dan menjauhi kawah merapi,” kata dia.

Erupsi Gunung Dempo juga turut disertai gempa sebanyak 2 kali. Hal ini berdasarkan keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat kolom letusan yang diamati dari ketinggian kurang lebih 2 kilometer (km) di atas puncak. Lokasi Gunung Dempo ini berada di Kabupaten atau Kota Lahat, Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan dengan posisi geografis di Latitude -4.03°LU, Longitude 103.13°BT dan memiliki ketinggian 3173 mdpl. Dalam hal ini imbauan diberikan PVMBG untuk masyarakat. Pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati dan bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah MarapiGunung Dempo dalam radius 1 km, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *