HeadlinePendidikan

FKIP UNSRI Prodi PG-PAUD Gelar Workshop Pemutakhiran Kurikulum, dan Pagelaran serta Pameran Produk Inovasi Pembelajaran Semester GenapTahun 2024

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bertempat di Aula Kampus KM 5 FKIP Universitas Sriwijaya Palembang, Jumat 31 Mei 2024 berlangsung Workshop Pemutakhiran Kurikulum, dan Pagelaran serta Pameran Produk Inovasi Pembelajaran yang digelar Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya.

Keterangan foto: Prof Dr Yuliani MPd, Koordinator saat menyampaikan materi.

Ketua Pelaksana Dr. Windi Dwi Andika, M.Pd. yang juga sebagai Koordinator Program Studi PG PAUD FKIP UNSRI dalam laporannya mengatakan kegiatan Workshop sekaligus  Pagelaran dan Pameran Produk dilaksanakan secara hybrid.  Kami mengundang narasumber yang sudah berpengalaman yaitu Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd sebagai Koordinator Program Studi S3 Program Pascasarjana  Universitas Negeri Jakarta (PPS UNJ) dan Dr. Muhammad Yusuf sebagai perwakilan dari tim P3MP FKIP UNSRI. Kami juga mengundang tamu eksternal yang hadir secara luring diantaranya: Kasi Kurikulum PAUD dan PNF Kota Palembang, Ketua Himpaudi, Wakil Ketua IGTK, Anggota BAN PENDASMEN, Ketua IGRA, Kabid PAUD Banyuasin, Ketua IKA Alumni PG-PAUD UNSRI dan Sekolah-sekolah mitra yaitu TK Kartika II.1, Kartika II.3, Sekolah Islam Terpadu Insan Mandiri Cendikia (SIT IMC) dan Az Zahra.

Para undangan, stakeholder, alumni dan mahasiswa juga kami libatkan untuk menjaring saran dan masukan terkait pemutakhiran kurikulum PG-PAUD FKIP UNSRI. Produk inovasi yang dipamerkan hari ini merupakan hasil karya dosen pengampu Mata Kuliah dan mahasiswa mulai dari semester 2, 4 dan 6. Produk inovasinya berupa Alat Permainan Edukatif (APE), flipbook, video pembelajaran interaktif, komik, gerak dan lagu, tarian, poster, media 3D berkearifan lokal yang semuanya diperuntukan bagi anak usia dini, kain hasil ecoprint serta jumputan dan beberapa produk lain.

Keterangan foto: Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd saat menyampaikan komentar didampingi Dr. Windi Dwi Andika, M.Pd 

Produk Inovasi yang dihasilkan tersebut telah dilegalisasi karena telah didaftarkan Hak Ciptanya pada Kementerian Hukum dan HAM, demikian dikatakan Dr Windi yang juga pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan mahasiswa yang sudah menghasilkan karyanya. “Kegiatan hari ini merupakan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat. Dalam kegiatan ini kami publikasikan sebagai wadah agar mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah lebih semangat lagi untuk berkreasi dan berinovasi,” ujarnya.

Di awal kegiatan Dr. Windi Dwi Andika, M.Pd menyampaikan paparan tentang draft Kurikulum Prodi PGPAUD. ” kepada Narasumber dan para stakeholder yang diundang untuk dapat memberikan berbagai masukan, saran dan kritik. Pembahasan mencakup mulai dari visi keilmuan, misi, tujuan, profil lulusan, bahan kajian, capaian pembelajaran, sebaran mata kuliah, hingga pembahasan mengenai RPS (Rancangan Pembelajaran Semester) di Prodi PGPAUD FKIP UNSRI.

Sementara itu, Dekan FKIP Unsri, Dr. Hartono, MA yang pada kesempatan ini diwakili Ketua Program Studi Ilmu Pendidikan FKIP Unsri, Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd dalam sambutannya, mengatakan pemutakhiran kurikulum adalah hal yang wajar karena sesuai dengan tuntutan zaman. “Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak lulusan PGPAUD yang berkualitas. Draft kurikulum ini dapat diberikan masukan dari narasumber dan stakeholder, sehingga apa yang kita perlukan yaitu mencetak para lulusan kita menjadi benar-benar alumni yang profesional di bidang PAUD. Bagi yang daring dan luring, saya berpesan agar acara ini diikuti secara serius dengan demikian ilmu yang didapatkan benar-benar dapat bermanfaat. Dengan mengucapkan Bismillah hirohma nirohim, kegiatan ini dibuka secara resmi,” ujar Prof Sri Sumarni.

Narasumber yaitu Prof Dr Yuliani MPd, Koordinator Prodi S3 Universitas Negeri Jakarta menyampaikan topik tentang Pemuktahiran Kurikulum Program Studi PG-PAUD oleh Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd yang juga sebagai Pengurus Asosiasi PG PAUD Indonesia di bidang Penelitian dan Pengembangan dan Koordinator Program Studi S3 Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Negeri Jakarta) dengan moderator Taruni Suningsih, M.Pd.

Selanjutnya, adanya sesi masukan dari stakeholder dengan peserta Pendampingan dari LP3MP. Kesempatan ini FKIP Unsri Prodi PG-PAUD juga menampilkan dan memamerkan produk inovasi pembelajaran oleh mahasiswa PG PAUD.(*)

Pagelaran Hasil Kreasi Seni Rupa Mahasiswa PG-PAUD
Pagelaran Hasil Kreasi Seni Rupa Mahasiswa PG-PAUD
Buku Kumpulan Lagu Bahasa Daerah
Publish Artikel pada Jurnal Nasional Sinta 4

Media Balok Keterampilan

admin

Slotmm adalah situs betting online dengan game pgsoft no 1 di indonesia, deposit pulsa tanpa potongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *