EkonomiHeadlineOgan IlirSUMSEL

Dinilai Berperan Aktif Memfasilitasi Pelaku Usaha Besar dan UMKM, DPMTSP Ogan Ilir Raih Penghargaan dari Gubernur Sumsel Herman Deru

INDERALAYA, MEDIASRIWIJAYA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Ogan Ilir mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumsel H Herman Deru, Rabu (30/8/2023) di Palembang. Penghargaan tersebut berupa piagam dan plakat terhadap kabupaten yang berperan aktif dalam pembinaan fasilitasi dan mendata kemitraan apa saja yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha besar, UMKM dan DPMTSP Ogan Ilir.

PLT Kepala DPMPTSP Ogan Ilir Santi Novita Sari SH MH didampingi Kabid Perencanaan Pengembangan Iklim Promosi dan Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Nur Mulyani Sari Ssos, mengatakan sesuai instruksi Presiden RI bahwa untuk menurunkan tingkat kemiskinan dengan cara meningkatkan UMKM.

Penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel 609/kpts/dpmtsp/2023 tentang pemberian Penghargaan Kemitraan Award kepada pelaku usaha besar/usaha mikro kecil dan menengah dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten/kota di Sumsel 2023. “Alhamdulillah tahun ini Ogan Ilir memdapatkan penghargaan dari Pak Gubernur Sumsel H Herman Deru, penghargaan diserahkan oleh Asisten 2 H Edward. Hanya beberapa kota kabupaten yang mendapatkan penghargaan di Sumsel. Jadi DPMTSP Ogan Ilir mendapatkan penghargaan ini sebagai kabupaten yang berperan aktif dalam pembinaan aktif fasilitasi dan mendata kemitraan apa saja yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha besar. Sudah 3 tahun penghargaan ini diberikan DPMTSP Sumsel, alhamdulillah tahun ini DPMTSP Ogan Ilir dapat penghargaan tersebut, tentunya ini sebagai pemacu kita agar lebih baik dan maju ke depan nanti,”kata istri Ketua KONI Aswan Mufti ini.

Menurutnya, selain DPMTSP Ogan Ilir mendapatkan reward atau penghargaan pelaku usaha besar seperti PT Dewa Argosawit di Desa Parit Kecamatan Inderalaya Utara dengan mitra Koperasi Tani Sejahtera Kecamatan Inderalaya Utara. “Jadi DPMTSP sebagai penghubung pelaku usaha besar dan UMK dalam meningkatkan kerjasama proaktif kooperatif dalam pendataan guna meningkatkan nilai ekonomis dan kesejahteraan masyarakat. Saat ini setidaknya ada 100 pelaku usaha besar yang beroperasi di Ogan Ilir mulai dari bidang perkebunan peternakan, penyosohan padi, keramik, bidang jasa konstruksi dan sebagainya, bahkan untuk UMKM lebih dari tiga ribuan yang ada di Ogan Ilir seperti usaha makanan, usaha pakaian dan sebagainya. DPMTSP sebagai pembina UMKM dan perusahaan besar saling meningkatkan kerjasama, misalnya kerjasama pembelian bahan baku untuk usaha bahkan soal penerimaan tenaga kerja,”katanya.

PLT Kepala DPMPTSP Ogan Ilir Santi Novita Sari SH MH mengatakan penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk lebih giat lagi melakukan fasilitasi ,pelaku usaha baik kecil dan besar yang ada di Ogan Ilir. Tentunya penghargaan tersebut didapat juga karena dukungan penuh Bupati Panca Wijaya Akbar yang selalu memberikan motivasi kepada DPMTSP agar terus melakukan inovasi. Bahkan Insya Allah tahun depan kami berencana melakukan kegiatan serupa di Ogan Ilir guna memacu perusahaan besar dapat makin banyak bekerjasama dengan pelaku UMKM. Insya Allah penghargaan tersebut kami minta Pak Bupati Panca untuk memberikannya,”katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *