Dies Natalis VI Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA –  Tanggal 25 Juli 2021, civitas akademika Universitas Katolik Musi Charitas merayakan Dies Natalis ke-6. Usia ke-6 tahun. Kampus UKMC Champion Generation yang berlokasi di Jalan Bangau Palembang ini menapaki usia enam tahun dengan  puncak acara diselenggarakan  perayaan Ekaristi Kudus dilanjutkan Sidang Senat Dies Natalis VI yang dilaksanakan Senin, 26 Juli 2021 melalui streaming live youtube UKMCTV mulai pukul 08.00. Acara sederhana karena adanya pemberlakuan PPKM Mikro dan pandemi covid-19 telah membatasi gerak akselerasi masyarakat dan semua kehidupan. Saat ini Universitas Katolik Musi Charitas memasuki fase lima tahunan kedua dalam menjalankan komitmen pelayanan sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, yang selanjutnya siap untuk menjalankan tahap  untuk mewujudkan kualitas dan unggul.

 Lahirnya Universitas Katolik Musi Charitas diawali dengan sejarah yang relatif panjang. Bergabungnya 3 sekolah tinggi yaitu STIKES Perdaki Charitas, STT Musi, dan STIE Musi dengan karakteristik, budaya, dan sejarahnya masing-masing mendorong upaya konsolidasi yang menyatukan ketiganya menjadi satu, yaitu Universitas Katolik Musi Charitas. Akan tetapi, upaya konsolidasi tidak cukup dilakukan pada waktu yang singkat. Perlu proses bersama untuk mewujudkannya. Konsolidasi akan terwujud jika semua pihak dengan suka cita bergandeng tangan seraya menguatkan harmoni. Latar belakang yang dimiliki masing-masing yang telah menjadi ciri karakter bertahun-tahun harus mampu dileburkan menjadi sebuah harmoni baru.      “Harmoni Universitas Katolik Musi Charitas harus dikuatkan dan menguat, sebab harmoni yang kuat adalah prasyarat awal untuk mewujudkan Unika Musi Charitas unggul. Untuk itulah, tema yang dipilih untuk merayakan Dies Natalis VI Universitas Katolik Musi Charitas 2021, adalah Dengan Suka Cita, Menguatkan Harmoni untuk Unika Musi Charitas Unggul,” ungkap Dr Ant. Singgih Setiawan, SE, M.Si,  Rektor UKMC.

Saat ini, di usia ke-6 tahun, Universitas Katolik Musi Charitas telah bermetamorfosa menjadi lembaga layanan pendidikan tinggi dengan empat fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Fakultas Sain dan Teknologi, serta Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan. Usia yang masih sangat muda ini tidak membuat Universitas Katolik Musi Charitas kalah dari Perguruan Tinggi yang sudah senior dan besar. Universitas yang memiliki 14 Program Studi, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi,D IV Teknologi Laboratorium Medik, DIII Keperawatan, Bahasa Inggris, Profesi Ners, D III Kebidanan, Sistem Informasi, Informatika. Teknik Industri, serta Arsitektur, memiliki komitmen yang kuat untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, serta nilai-nilai CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managing Capacity, Persistence, Integrity, Open Minded, dan Novelty). UKMC adalah singkatan dari Universitas Katolik Musi Charitas yang telah banyak dikenal oleh masyarakat, UKMC diharapkan memiliki kesucian dalam menjalankan pelayanan pendidikan tinggi bagi masyarakat, sehingga Universitas katolik Musi Charitas tidak saja mengantarkan ilmu pengetahuan kepada para peserta didik, namun Universitas Katolik Musi Charitas juga mempunyai tanggung jawab untuk membentuk dan menjaga karakter kesucian moral dan tindakan dari setiap anggota civitas akademika, kepercayaan diri, kehangatan, keberanian, rasa cinta bahkan kegembiraan. Hal ini merupakan spirit yang diharapkan dapat dipancarkan oleh Universitas Katolik Musi Charitas dalam menjalankan pelayanan pendidikan bagi masyarakat. SELAMAT ULANGTAHUN KE-6 UKMC.  (daris)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *