OPINI: REFLEKSI 6 TAHUN UNIVERSITAS KATOLIK MUSI CHARITAS

Oleh: Dr. Antonius Singgih Setiawan, SE., M,Si, Rektor Universitas Katolik Musi Charitas

 

Tanggal 25 Juli 2021, civitas akademika Universitas Katolik Musi Charitas merayakan Dies Natalis ke-6. Usia ke-6 tahun menjadi hal penting karena saatnya Universitas Katolik Musi Charitas memasuki fase limatahunan kedua dalam menjalankan komitmen pelayanan sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi. Jika visi lima tahun pertama (2015 – 2019) adalah “Konsolidasi Menuju Universitas yang Berkualitas dan Unggul”, maka sekarang, Universitas Katolik Musi Charitas harus siap untuk menjalankan tahap lanjutan untuk mewujudkan kualitas dan unggul tersebut. Namun demikian, cita-cita, harapan yang telah direncanakan sebelumnya ternyata tidak dapat dengan mudah dijalankan sepenuhnya. Selain masih harus banyak belajar untuk memahami satu sama lain dalam sisi internal, pandemi covid-19 telah membatasi gerak akselerasi dan menjadi permasalahan yang harus segera diantisipasi.

Oleh karena itu, proses konsolidasi membutuhkan kesabaran, kebersamaan, semangat saling berbagi dan saling melayani khususnya diantara anggota civitas akademika. Proses konsolidasi juga membutuhkan keselarasan frekuensi dan persespsi dalam berkomunikasi diantara para pihak berkepentingan. Untuk itu, pada fase lima tahunan kedua ini, Universitas Katolik Musi Charitas akan semakin menguatkan keselarasan sehingga pondasi untuk menciptakan kualitas dan keunggulan sungguh dapat dibentuk secara mumpuni. Hal ini tercermin dari tema Dies Natalis ke-6 Unversitas Katolik Musi Charitas “Dengan Suka Cita, Menguatkan Harmoni untuk Unika Musi Charitas Unggul”.

Tema ini diangkat dengan latar belakang usia Univeritas Katolik Musi Charitas yang masih sangat belia. Sejarah lahirnya Universitas Katolik Musi Charitas diawali dengan proses yang relatif panjang. Bergabungnya 3 sekolah tinggi, yaitu STIKES Perdaki Charitas, STT Musi, dan STIE Musi dengan karakteristik, budaya, dan sejarahnya masing-masing mendorong upaya konsolidasi yang menyatukan ketiganya menjadi satu, yaitu Universitas Katolik Musi Charitas. Akan tetapi, upaya konsolidasi tidak cukup dilakukan pada waktu yang singkat. Perlu proses bersama untuk mewujudkannya. Konsolidasi akan terwujud jika semua pihak dengan suka cita bergandeng tangan seraya menguatkan harmoni. Latar belakang yang dimiliki masing-masing yang telah menjadi ciri karakter bertahun-tahun harus mampu dileburkan menjadi sebuah harmoni baru. Harmoni Universitas Katolik Musi Charitas harus dikuatkan dan menguat, sebab harmoni yang kuat adalah prasyarat awal untuk mewujudkan Universitas Katoli Musi Charitas unggul.

Saat ini, diusia ke-6 tahun, Universitas Katolik Musi Charitas telah bermetamorfosa menjadi lembaga layanan pendidikan tinggi dengan empat fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Bisnis dan Akuntansi, Fakultas Sain dan Teknologi, serta Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan. Usia yang masih sangat muda ini tidak membuat Universitas Katolik Musi Charitas kalah dari Perguruan Tinggi yang sudah senior dan besar. Universitas yang memiliki 14 Program Studi, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi,D IV Teknologi Laboraturium Medik, DIII Keperawatan, Bahasa Inggris, Profesi Ners, D III Kebidanan, Sistem Informasi, Informatika. Teknik Industri, serta Arsitektur, memiliki komitmen yang kuat untuk berpertisipasi dalam mencerdasakan kehidupan bangsa berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, serta nilai-nilai CHAMPION (Charity, Humanity, Altruism, Managing Capacity, Persistence, Integrity, Open Minded, dan Novelty).

Nilai-nilai CHAMPION tidak sekedar menjadi sebuah jargon, namun menjadi nilai yang diwujudkan dalam tingkah, perbuatan, sikap dan prestasi. Didukung oleh 104 dosen tetap yang semangat dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi. Hal ini merupakan perwujudan nilai-nilai CHAMPION dari para dosen. Sebanyak 84 karya penelitian 4 diantaranya didanai dari Hibah Dikti, 55 kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta 74 publikasi yang diatarnya 6 publikasi pada jurnal terindeks sinta 2,  21 publikasi pada jurnal terakreditasi sinta 4 dan 3, dan 3 publikasi pada jurnal internasional bereputasi yang dicapai pada satu tahun terakir menunjukkan bagaimana semangat CHAMPION benar-benar ingin diwujudkan setiap waktu oleh para dosen Univeritas Katolik Musi Charitas.

Bagaimana dengan semangat CHAMPION bagi para mahasiwa? Saat pandemi covid-19 masih belum menunjukkan akan berakhir, masih banyak mahasiwa Universitas Katolik Musi Charitas yang berprestasi. Situasi pandemi tidak menutup kretivitas dan inovasi mahasiswa untuk menunjukkan prestasi yang menginspirasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik, baik prestasi tingkat provinsi, nasional, maupun internasional. Memborong juara 1, 2, 3 Lomba Stockcase Competition tingkat Provinsi yang diperoleh Reinaldo Anthony, Florentin Xaveria, dan Handy Agustianto L, Juara 1 Lomba Ide Bisnis Kreatif Pemuda yang diselenggarakan oleh Dispora Sumsel dan International Council for Small Business (ICSB) yang diperoleh Lucky Alfando, dan Chainesia Natalia Susanti.Medali Emas Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM) Bidang Ekonomi Tingkat Mahasiswa dan Guru se Indonesia tahun 2020 oleh Priska Adella Wijaya, Juara I Kompetisi Nasional 3 Action Part XII tim yang terdiri dari Reinaldo Anthony, Prisca Adella Wijaya, Natalia, serta Juara 6 International Essay Competition yang berhasil diperoleh Bella Tamara. Ini adalah sebagan kecil contoh bagaimana nilai dan semangat CHAMPION diwujud nyatakan oleh para mahasiwa.

Prestasi kami tidak cukup disitu, staf Perpustakan Univeritas Katolik Musi Charitas atas nama Chatarina Eka Oktavilia, ST.,M.A berhasil menjadi Pustakawan berprestasi tingkat provinsi Sumatera Selatan 2021 dan berhak mewakili Provinsi Sumatera Selatan dalam seleksi Pustakawan berprestasi Nasional, Antheny Handinata, Alfred Julianto, Meilani Elora,Angelita, dan Thesalonica dengan dosen pembimbing Ns. Srimiyati, M.Kep berhasil mendapatkan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan dengan Program “Pembuatan Lilin Aroma terapi dari Minyak Kayu Putih dan Daun Kemangi yang diperoleh dari BELMAWA-DIKTI.

Selain itu,2 prodi Fakultas Sain dan Teknologi, yaitu Prodi Teknik Industri dan Prodi Sistem Informasi berhasil mendapatkan Hibah Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2021 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi. Bantuan ini semakin meningkatkan semangat bagi Universitas Katolik Musi Charitas untuk implementasi MBKM. Implementasi MBKM tidak mungkin dilakukan sendiri. Universitas Katolik Musi Charitas membutuhkan kerjasama kolaborasi dengan berbagai pihak. Kerjasama kolaborasi dengan pihak luar ditujukan untuk mendukung sinergisitas antar unit yang ada di dalam Universitas Katolik Musi Charitas. Saat inim Universitas Katolik Musi Charitas telah menjalin kerjasama kepada 47 mitra strategis, meliputi perguruan tinggi mitra, sekolah-sekolah mitra, instansi pemerintahan, perusahaan swasta, kelompok-kelompok profesi, kelompok alumni, serta media massa. Bagi Universitas Katolik Musi Charitas, kolaborasi adalah semangat saling mengisi dan melengkapi.

Apakah Universitas Katolik Musi Charitas sudah paus dengan semua capaian tersebut? Tentunya belum, kesempatan untuk mencapai lebih dari itu masih luas terbentang. Perjuangan dan usaha tidak akan berhenti sampai Universitas Katolik Musi Charitas mencapai reputasi tertinggi. Universitas Katolik Musi Charitas masih sangat belia. Untuk itu, peningkatan kapasitas dan kualifikasi dosen adalah salah satu prioritas yang menjadi perhatian. Peningkatan kerjasama dan kolaborasi dengan para mitra strategis merupakan keniscayaan yang harus dilakukan dari waktu ke waktu. Mewujudkan MBKM efektif yang akan mengatar setiap lulusan memiliki wawasan, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian sebagai bekal mejalani hidup yang sesungguhnya di tengah masyarakat, menjadi pilihan penting bagi banyak anak muda untuk melanjutkan pendidikan dijenjang perguruan tinggi, dan yang terpenting, setiap anggota civitas akademika Universitas Katolik Musi Charitas harus siap dan selalu menjiwai nilai CHAMPION dalam hidupnya, adalah visi yang akan dijalankanuntuk mewujudkan UKMC Bereputasi.Selamat ulang tahun ke-6 Universitas Katolik Musi Charitas, kiranya hadirmu menjadi bagian dari harmoni negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *