Di sela Kesibukan, Kapolda Memeriksa Alutsista Direktorat Samapta Polda Sumsel

PALEMBANG.,MEDIASRIWIJAYA – Di sela kesibukannya, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Toni Harmanto, secara langsung memeriksa alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki Direktorat Samapta Polda Sumsel bertempat di lapangan apel Polda Sumsel. Kamis (16/12).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dir samapta Polda Sumsel Kombes Djuwito Purnomo. Direktur Polairud Polda Sumsel, Kombes Pol Yohanes Sismadi Widodo. Dirnarkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Heri Istu, dan Wadir Samapta, AKBP. Fijar Muslim.

Terlihat di lapangan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, secara langsung mengecek Alutsista yang dimiliki Ditsamapta, dari kendaraan mobil hingga motor. Termasuk melakukan uji coba, seperti pada rompi anti peluru dan tusukan senjata tajam, dengan mengunakan sangkur sejenis sajam Kaposda beberapa kali menusuk- nusuk rombi akan tetapi tidak robek atau rusak.

Kapolda menguji kecanggihan alat dron buatan bangsa Indonesia yang nanti berfungsi sebagai pengawasan saat terjadi unjuk rasa, bisa digunakan untuk gas air mata. Bukan hanya itu. Rombongan juga melihat atraksi Anjing K-9 yang baru bertugas dalam pengungkapan peredaran narkoba.

Pemeriksaan langsung ini, mengingat Direktorat Samapta, yang memiliki fungsi pengendalian massa, dituntut siap sedia, waspada. Samapta juga memiliki tugas menjaga kamtibmas. Termasuk tugas khusus kendali satwa anjing pelacak dal Sub Unit K – 9. “Ini hal rutin biasa dilakukan dan memastikan semua peralatan bisa digunakan dengan baik pada saat dibutuhkan, sekaligus melihat kesiapan gelar perlengkapan ini,” ungkap Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto.

Masih dikatakan Irjen Pol Toni, selain itu untuk memastikan kondisi peralatan dengan ujicoba. “Untuk memastikan kondisinya kita tadi melakukan uji coba, agar alat ini bisa digunakan, agar nanti tidak kadaluarsa,” jelasnya.

Kapolda Sumsel juga menegaskan untuk menunjang kinerja Polri di lapangan, diperlukan alutsista yang mampu menunjang kinerja personel. “Dron ini baru beberapa bulan, ada juga anjing untuk mengungkapkan narkotika, yang pasti untuk penguatan dipastikan dengan tugas tugas kita,” jelasnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.