HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangPolitikSUMSEL

BKOW Sumsel Gelar Seminar Peranan Bawaslu dalam Upaya Melibatkan Masyarakat terhadap Pengawasan Pelaksanaan Pemilu 2024 Jujur dan Adil

Keterangan foto: Narasumber dan pemandu saat menyampaikan materi.

* Pada Kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan kepada Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan Kewenangan Provinsi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam kesuksesan Pesta Demokrasi Indonesia, Pemilu 2024 mendatang, BKOW Sumsel menggelar seminar dengan tema “Peranan Bawaslu dalam Upaya Melibatkan Masyarakat terhadap Pengawasan Pelaksanaan Pemilu 2024 yang Jujur dan Adil” bertempat di Gedung Perjuangan Wanita Palembang, Rabu 30 Agustus 2023.

Keterangan foto: Hj Fauziah Mawardi Yahya, S.Pd Ketua BKOW Sumsel.

Kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan kepada Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan Kewenangan Provinsi ini diikuti peserta dari berbagai kalangan di antaranya keluarga besar BKOW Sumsel yang terdiri dari Dewan Penasehat dan sesepuh BKOW Sumsel, para perwakilan dari partai politik di Sumsel, serta para pengurus dan anggota organisasi anggota BKOW Sumsel. Seminar menghadirkan narasumber Anggota Bawaslu Provinsi Sumsel, Dra Massuryati.

Keterangan foto: Hj Asnizar (Wakil Ketua III) saat mewakili sambutan Ketua BKOW Sumsel.

Ketua BKOW Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya, S.Pd yang pada kesempatan ini berhalangan hadir dan diwakili Hj Asnizar (Wakil Ketua III) menyampaikan sambutan. “Peran perempuan sangat luar biasa dalam memberdayakan perempuan menjadi pribadi yang mandiri dan berwawasan luas. Maka dari itu BKOW Sumsel menggelar seminar dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Bidang Politik yang dikoordinir Ketua III Ibu Hj Asnizar,” ujarnya.


Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam Pemilu sangat penting guna suksesnya pelaksanaan. “Tidak sekadar memilih tapi turut melakukan pengawasan dan mengawal proses dalam setiap tahapan. Masyarakat juga diharapkan berpartisipasi dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu agar jujur dan adil serta berkualitas. Sesuai UU No 7 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa masyarakat wajib terlibat dalam pengawalan setiap tahapan Pemilu tahun 2024,” tambahnya.


Lebih jauh disebutkan bahwa berdasarkan hal tersebut BKOW Sumsel memandang perlu memberikan pendidikan pelatihan dasar tentang pengawasan Pemilu dari berbagai elemen masyarakat. “Diperlukan sosialisasi tentang keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu dari Bawaslu agar masyarakat mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai pengawasan pemilu partisipatif. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat dalam mewujudkan Pemilu berkualitas yakni ikut memantau pelaksanaan Pemilu, mencegah terjadinya pelanggaran, menyampaikan dugaan pelanggaran dan menginformasikan dugaan pelanggaran kepemiluan kepada Bawaslu. Adanya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu adalah bentuk dari penggunaan hak warga negara untuk mengawal hak pilihnya. Kegiatan ini juga merupakan kontrol terhadap proses penyelenggaraan pemilu. BKOW Sumsel sebagai mitra pemerintah ikut serta berperan mensosialisasikan fungsi Bawaslu kepada masyarakat melalui kegiatan seminar ini,” ujarnya.


Narasumber Dra Massuryati yang merupakan anggota Bawaslu Sumsel yang juga menjabat Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat pada kesempatan ini menyampaikan banyak hal terkait pelaksanaan Pemilu. Dengan bekal berbagai pengalamannya di bidang politik seperti pernah menjabat anggota Bawaslu Ogan Ilir tahun 2008, Ketua Bawaslu Ogan Ilir, serta pernah juga menjabat Ketua KPU Ogan Ilir serta jabatan terakhir saat ini adalah sebagai anggota Bawaslu Sumsel. “Jadilah pemilih yang cerdas dan menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil dan berkualitas,” katanya. (adv)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *