Tim PKM Unika Musi Charitas Beri Pembekalan Pasutri

* Ekonomi Keluarga bagi Calon Pasutri di Dekanat 1 Palembang
PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Unika Musi Charitas yang diketuai oleh Agatha Septianna, SE., M.Si dengan anggota Andrew Gunawan, SE., M.Si, Ming Chen, SE., M.Si, Dr. Antonius Singgih Setiawan, SE, M,Si, serta Antonny Wijaya, M.Hum, MA telah sukses mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembekalan ekonomi keluarga bagi calon suami istri yang sedang mengikuti kursus persiapan pernikahan di Dekanat 1 Keuskupan Agung Palembang. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2021 secara daring menggunakan aplikasi zoom. Kursus persiapan pernikahan adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap calon suami – istri yang akan menikah secara Katolik di Gereja Katolik. Pembekalan tentang ekonomi keluarga adalah salah satu materi wajib yang harus diikuti selain materi-materi lain seperti materi tentang Iman dan Ajaran Gereja Katolik, materi kesehatan keluarga, serta beberapa materi lainnya.
Kegiatan ini diikuti oleh 23 pasangan calon suami istri.Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pembekalan tentang pengelolaan ekonomi keluarga bagi calon pasutri sehingga setiap calon pasutri akan mengetahui dan memahami setiap problematika dalam pengelolaan ekonomi keluarga serta kiat-kiat apa saja yang dapat mereka terapkan untuk mengatasi setiap problematika tersebut.
Pembekalan tentang ekonomi diawali dengan pemaparan materi mengenai ekonomi dan uang dari sudut pandang ajaran Sosial Gereja Katolik dan pandangan dari Alkitab. Materi selanjutnya membahas tentang sumber-sumber pengahasilan serta prirotas alokasi pengeluaran dalam sebuah rumah tangga. Peserta juga diberikan materi simulasi penghitungan uang masuk dan alokasi uang keluar untuk mengetahui secara praktis bagaimana mengalokasikan penghasilan yang diterima untuk berbelanja dan menabung. Setelah semua materi disampaikan dalam bentuk pemaparan, pembekalan dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh Dr. Antonius Singgih Setiawan, SE., M.Si. Pada kesempatan ini, moderator memberi pemantik diskusi dengan menanyakan bagaimana peran istri dalam ekonomi keluarga, apakah suami akan mengizinkan istri ikut bekerja, apakah istri ingin ikut bekerja. Para peserta tampak antusias dalam mengikuti diskusi dan disimpulkan bahwa suami – istri harus saling bergotong royong dalam mengelola ekonomi keluarga. Keterbukaan dalam pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting. (daris)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.