Belum Ada Desa Siaga Bencana

EMPAT LAWANG, MEDIA SRIWIJAYA –  Sejauh ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, belum memiliki Desa Siaga Bencana, sehingga perlu untuk dibentuk untuk mengantisipasi bencana yang sering terjadi di Kabupaten Empat Lawang.

Kepala BPBD Empat Lawang Sahrial Podril melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Hery mengatakan, saat ini Empat Lawang sudah memiliki Desa yang disiapkan untuk menjadi Desa Siaga Bencana. “Kita belum ada Desa Siaga Bencana, namun tahun ini ada Satu Desa yang disiapkan untuk Desa Siaga Bencana,” kata Hery kepada wartawan, Kamis (27/5).

Desa tersebut lanjut Hery, adalah Desa Batu Raja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Yang disiapkan sebagai Desa Siaga Bencana. “Daerah di sana setiap tahun rawan bencana banjir, karena kriterianya harus Daerah rawan banjir,” ujarnya.

Untuk Daerah lain yang rawan banjir atau rawan bencana dijelaskan Hery, tetap akan dibuat juga secara continue. “Daerah lainnya yang rawan tetap kita buat juga secara continue,” jelasnya.

Dirinya menghimbau, kepada masyarakat agar menghindari Daerah rentan mengalami bencana seperti sungai, lereng rawan longsor dan pohon yang mudah tumbang. “Serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor terutama di Daerah yang rentan. Serta memonitor perkembangan informasi cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG,” pungkasnya.(rodi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *