BanyuasinHeadlineNUSANTARASUMSEL

Warga Desa Sedang Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA — Dalam rangka membentuk kekebalan kelompok atau herd imunity dari Covid-19, maka perlu dilakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat. Hal tersebut diupayakan oleh pemerintah dengan program vaksinasi. Salah satunya yang ada di Desa Sedang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin lakukan vaksinasi dari Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Suak Tapeh bertempat di Gedung Olah Raga Desa Sedang, Senin (29/11).

Antusias warga yang mengikuti vaksinasi tampak sejak pagi hari. Para warga berbondong-bondong berdatangan untuk mendapatkan dosis vaksin.Hal tersebut, menunjukkan ajakan vaksin dari Pemerintah Desa berkolaborasi dengan Satgas Covid-19 Kecamatan serta TNI-Polri, mendapat respon positif warga setempat, yang secara perlahan memahami pentingnya vaksin untuk menekan laju penyebaran virus tersebut.

Vaksinasi tersebut dipantau langsung oleh Puskesmas Kecamatan Suak Tapeh, Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh, Pj. Kepala Desa Sedang, Perangkat Desa, Polri, TNI, dan beberapa pihak yang terlibat. Di mana ada 349 warga Sedang yang divaksinasi.

Pj Kades Sedang Jaharob, SE menuturkan, meskipun wilayah Suak Tapeh sudah masuk level 3 tak lantas membuat masyarakat abai dengan kondisi yang belum usai. Sebab salah satu solusi untuk menekan penularan yaitu dengan dimaksimalkannya program vaksinasi untuk membentuk herd imunity. “Tentu vaksin ini sangat penting untuk mengurangi resiko warga terpapar virus,” ucapnya.

Jaharob juga mengajak, kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan bangkit bersama. Dengan persatuan akan menjadikan kompak untuk saling peduli terhadap sesama agar virus bisa dikendalikan. “Ayo saling menjaga dan saling mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Di tengah wabah Covid-19 yang penyebarannya belum menunjukkan usai dan tak mengenal usia, Jaharob berharap masyarakat tak perlu takut dan merasa pesimis dengan kondisi tersebut. Sebab, pemerintah desa berusaha yang terbaik untuk warganya.

“Kita bisa lewati ini bersama-sama. Intinya mari patuhi anjuran pemerintah,” imbuhnya.

Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, SAg MSi saat memantau langsung kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam rangka percepatan, vaksinasi covid-19 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Suak Tapeh melakukan vaksinasi di setiap desa yang berada di wilayah Kecamatan Suak Tapeh.

“Dalam rangka menyukseskan percepatan vaksinasi pihaknya bersama lintas sektor di Kecamatan Suak Tapeh bekerja sama untuk menjangkau warga yang berada di desa-desa. Hari ini untuk Desa Sedang ada 349 warga yang siap divaksin,” ujar Camat Sashadiman Ralibi.

Di kesempatan yang sama Kepala Puskesmas Suak Tapeh dr. Yuriko mengungkapkan jumlah warga di desa tersebut masih banyak warga yang belum melakukan vaksinasi.”Cuma kan ada desa yang baru sedikit vaksinasinya, nah itu jadi tujuan kami untuk mengunjungi dan melakukan sosialisasi,” ungkap Yuriko.

Ia mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Suak Tapeh yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin tetap menerapkan protokol kesehatan. “Sedangkan bagi warga yang belum divaksin segera melakukan vaksin dikarenakan vaksin berdampak baik, sehat dan aman,” pungkasnya.

Salah satu warga yang mengikuti vaksinasi merasa terbantu dengan adanya vaksinasi di desa, sebab memudahkan warganya yang ingin vaksin.“Terbantu sekali. Sebab jika warga yang ingin vaksin tidak perlu jauh ke daerah kota setiap ada program vaksin. Lebih nyaman seperti ini,” jelasnya.

Sementara, sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangannya menjadi Kepala Desa terpilih Desa Sedang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, H Iwan Parmadi SKM, ikut serta memfasilitasi kegiatan vaksinasi Covid-19 dan memberikan bantuan sembako kepada Tim Medis Covid-19 Kecamatan Suak Tapeh (ydp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *