Warga Antusias Diajari Satgas TMMD Ke -111 Kodim 0427/Way Kanan Membuat Pupuk Organik

WAY KANAN – Sejumlah warga Kampung Negeri Batin Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan sangat antusias saat diajari oleh Satgas TMMD ke-111 Kodim 0427/Way Kanan untuk membuat pupuk organik cair. Senin(21/06/21).

‘’Pelajaran ini sangat berharga bagi warga, dan akan dipraktekkan karena cukup bisa mengurangi ketergantungan dari pupuk kimia’’ ungkap Bpk Suparjo,(45) salah satu warga yang ikuti pelatihan pembuatan pupuk organik itu.

Di pelaksanaan TMMD ke-111 Kodim Way Kanan 0427/Way Kanan memasuki minggu pertama di Kampung Negeri Batin Kecamatan Umpu Semenguk, Kabupaten Way Kanan, Satgas TMMD berikan pelatihan pembuatan pupuk organik cair bagi kelompok Tani di kampung tersebut.

Pelatihan yang digelar dilokasi TMMD terselenggara atas kerjasama antara Dinas TPHP Kabupaten Way Kanan, pelatihan ini ditujukan bagi kelompok Tani dari Kampung Negeri Batin . Pengetahuan pembuatan pupuk bagi petani ini diberikan, karena cukup mahalnya harga pupuk Kimia bagi ukuran petani di Kampung Negeri Batin Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan.

Pelatihan bagi petani kali ini difokuskan dalam pembuatan pupuk berbahan lokal yang dapat diperoleh di sekitar tempat tinggal berupa sisa sayur-sayuran, pohon pisang, gula merah dan sebagainya.

Selanjutnya diolah menggunakan mikro organisme lokal untuk proses fermentasi selama 15 hari dan akan menghasilkan pupuk cair. Sisa hasil Fermentasi dapat digunakan sebagai pupuk Kompos dalam waktu 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *