Unika Musi Charitas Bermitrakan Sekolah Bethesda Palembang Kembangkan Bahasa Inggris

PALEMBANG MEDIASRIWIJAYA – Sebagai lembaga pendidikan nasional dan relatif baru di metropolis, Sekolah Bethesda Palembang mengusung visi untuk mendidik anak semakin cerdas secara kognitif dan menjadi agent of change di dunia. Salah satu upayanya adalah membiasakan anak berkomunikasi secara aktif dalam Bahasa Inggris di sekolah. Maka, para guru dan staf administrasi di TK dan SD Bethesda Palembang perlu juga dilatih dan dipersiapkan agar dapat berkomunikasi dengan baik. Demi merealisasikan visi tersebut, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Unika Musi Charitas menjadi mitra Sekolah Bethesda Palembang dalam melaksanakan program “English for School Environment” dengan skema pengabdian kepada masyarakat.Ada dua tim dosen PBI yang terlibat dan mengangkat topik spesifik. Demikian rilis yang diterima redaksi mediasriwijaya.com, Sabtu (11/9).
Tim pertama yang digawangi oleh Rm. Anselmus Inharjanto SCJ, Anastasia Ronauli Hasibuan dan Ira Irzawati membahas tema “Developing Staff’s Basic Conversation Skills.” Dalam pembahasan materi ini kepada para peserta didik, diikuti dengan lancar dan tertib serta komunikatif. “ Para guru dan karyawan diharap mampu mengembangkan ketrampilan dasar komunikasi Bahasa Inggris seperti perkenalan, sapaan, menanyakan dan memberi informasi, serta menceritakan pengalaman liburan.” ungkap Romo Inharjanto SCJ.
Dengan kondisi PPKM di kota Palembang,tim melaksanakan tiga kali tatap muka via Zoom pada 17, 31 Juli dan 6 Agustus 2021. Kegiatan berlanjut dengan topik “Bridging Teacher/Staff-Students Basic Communication” dengan tujuan agar peserta mampu mengembangkan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris dalam konteks keseharian di sekolah seperti menunjukkan arah dan lokasi, menanyakan dan menyatakan jumlah dan harga suatu barang, dan menjelaskan prosedur/cara melakukan sesuatu. “ Tema ini dibawakan oleh tim kedua yakni Yohanes Heri Pranoto, Yohanes Maria Restu, dan Sr. Yustien Supartinah FSGM.” kata Ns Novita Elisabeth Daeli S.Keb M.Kep kepada media. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara daring, pelatihan berlangsung pada 13, 20, dan 27 Agustus 2021. Selama rangkaian proses yang hampir dua bulan ini, tim dosen dibantu oleh tiga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yakni Siska, Devitha Adelia dan Steven Marcellio.
Pihak mitra mengungkapkan dalam umpan balik bahwa pelatihan seperti ini sangat bermanfaat untuk pengembangan skills berbahasa Inggris. Keterbatasan karena pandemi tampaknya tidak menurunkan semangat para guru dan karyawan dalam sesi pelatihan ini. Mereka pun merasa termotivasi dan lebih bersemangat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Sinergi dari kedua tim PKM PBI Unika Musi Charitas juga telah mampu menghadirkan sebuah pelayanan yang tepat sasaran bagi mitra, yakni Sekolah Bethesda Palembang. “ Kami berharap dalam pelatihan ini agar para guru dan dozen termotivasi dan lebih bersemangat meningkatkan kmampuan berbahasa Inggrisnya dan sinergitas UKMC dengan Sekolah Bethesda akan terus terwujud. Hal ini memberikan peluang yang besar untuk terjalinnya kerjasama antara kedua belah pihak di masa mendatang.” kata Dr Antonius Singgih Setiawan, SE M.Si Rektor Unika Musi Charitas (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *