HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangPendidikanSUMSEL

UKMC Lakukan Edukasi Konsumen Sayuran Demi Meningkatkan Kesehatan Anak

PALEMBNG, MEDIASRIWIJAYA – Fakultas Ilmu Kesehatan UKMC Palembang dengan berbagai jurusan dan bidang ilmu yang ada senantiasa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi sekitar. Tidak terkecuali masyarakat di Kelurahan Talang Betutu khususnya di RT 21, anak-anak yang berusia masa prasekolah dan usia sekolah mendapatkan kesempatan belajar dan bermain bersama dengan Dosen dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan. Kegiatan yang dirancang dengan Terapi Bermain ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan minat anak dalam mengkonsumsi sayur-sayuran.

Dalam upaya meningkatkan kesehatan anak-anak, terapi bermain ini menjadi pendekatan yang efektif dan menarik untuk mengajarkan mereka tentang pentingnya konsumsi sayuran. Terapi bermain adalah metode pendidikan yang melibatkan aktivitas bermain yang dikombinasikan dengan pembelajaran. Dalam konteks ini, terapi bermain digunakan untuk mempromosikan pola makan sehat, terutama konsumsi sayuran. Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim yang diketuai oleh Ns. KetutSuryani, M.Kep.,bersama dengan Ns. Novita Elisabeth Daeli, M.Kep.,Ns. Maria Tarisia Rini, M.Kep., Ns. Sri Indaryati, M.Kep., dan Ns. Bangun Dwi Hardika, S.Kep.,M.K.M., sebagai anggota tim berfokus pada penciptaan lingkungan yang menggugah minat anak-anak dalam mencoba dan menyukai sayuran.

Metode ini melibatkan aktivitas seperti bermain, mencocokan nama sayuran dengan bentuk sayuran yang ada, memilih warna sayuran yang disukai, dan menunjukkan jenis sayuran sesuai dengan kelompoknya seperti kelompok kacang-kacangan, kelompok sayur hijau, dan sebagainya. Anak-anak belajar tentang berbagai jenis sayuran, manfaat kesehatannya, dan cara-cara menyajikannya dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.Jumlah anak-anak yang ikut kegiatan ini sebanyak 27 orang.


Tim Dosen dan Mahasiswa dari Ilmu Keperawatan yang mendalami dan mempelajari dunia Keperawatan khususnya Keperawatan Anak berperan sebagai contoh positif dengan menunjukkan kegemaran mereka dalam mengonsumsi sayuran dan terlibat dalam aktivitas bermain bersama anak-anak. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak akan lebih menerima dan terbiasa dengan mengonsumsi dan menyukai sayuran dalam kehidupan sehari-hari mereka. Konsumsi sayuran yang lebih tinggi pada anak-anak akan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, serta dapat mengurangi risiko penyakit kronis di kemudian hari. Dengan menggabungkan pendidikan dan hiburan melalui terapi bermain, upaya untuk meningkatkan kesehatan anak melalui konsumsi sayuran dapat menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Ini juga memberikan fondasi yang kuat bagi anak-anak untuk mempertahankan pola makan sehat sepanjang hidup mereka. Konsumsi sayuran yang baik juga akan menghindari dan menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit di masa yang akan datang. (darisawalistyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *