HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

UKMC Gelar Pendampingan Persiapan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SDK Penabur

PALEMBANG,  MEDIASRIWIJAYA – Tim PkM PGSD melaksanakan pendampingan persiapan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SDK Penabur. Kurikulum Merdeka berfokus kepada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila masih banyak belum dipahami sepenuhnya baik pihak pendidik atau pengelola pendidikan tersebut.

SDK Mitra Penabur Palembang menjadi salah satu sekolah dasar swasta yang pada tahun ajar 2023/2024 akan mulai menerapkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di kelas 1 dan IV. Oleh sebab itu, UKMC diwakili Dr. Lisnani, S.Pd., M.Pd., B. A. Indriasari, M.Pd., Tresiana Sari Diah Utami, M.Pd.,Agustinus Riyanto, SCJ., M.A., Anastasia Sri Sukistini, S.E.,M.M,. dan bekerjasama dengan Dr. Chika Rahayu, M.Pd. memberikan pendampingan mengenai pembelajaran dan asesmen bagi guru SDK Mitra Penabur Palembang dan Kepala SDK Mitra Penabur, Fifiwaty Manik, S.Pd


Dr. Lisnani, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Pelaksana menginformasikan bahwa kegiatan PkM ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan dosen. Penerapan pembelajaran dan asesmen dalam Kurikulum Merdeka sebagai salah satu informasi yang wajib diinformasikan kepada berbagai sekolah khususnya sekolah dasar mitra Universitas Katolik Musi Charitas.

Sementara itu, Fifiwaty Manik, S.Pd. selaku Kepala SDK Mitra Penabur mengucapkan terima kasih kepada tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Musi Charitas yang bersedia berbagi ilmu dan pengetahuan kepada seluruh guru SDK Penabur, Palembang. Kurikulum merdeka belajar dierikan karena adanya learning crisis pada anak Indonesia yang belum mampu memahami bacaan sederhana dan menerapkan konsep matematika dasar, kesenjangan sosial antar kelompok sosial, adanya perubahan kurikulum yang lambat di Indonesia dan pengaruh kurikulum nasional yang memberikan ruang inovasi dan kemerdakaan serta memungkinkan adaptasi perubahan pada tingkat sekolah.

Dr. Chika Rahayu, M.Pd. dalam materinya kepada para pendidik di SD Penabur Palembang menjelaskan beberapa hal mengenai Kurikulum Merdeka. Beliau menjelaskan dasar pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka, 5 prinsip pembelajaran, 5 prinsip asesmen, alur perancangan pembelajaran dan asesmen, perencanaan pembelajaran, hingga menentukan ketercapaian pembelajaran dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. (darisawalistyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *