HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangPendidikanSUMSEL

UKMC Bagikan Apresiasi Reward untuk Alumni Pengisi Kuesioner Tracer Study 2021

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Universitas Katolik Musi Charitas kembali memperoleh fasilitas bantuan pelaksanaan tracer study 2021 dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Bantuan tersebut digunakan untuk memfasilitasi pelaksanaan tracer study di UKMC, dan ini untuk kedua kali UKMC memperoleh bantuan hibah dari Kemendikbud tutur penanggung jawab tracer study RD. Gunadi Emmanuel, M.Eng, Tracer study digunakan untuk melacak aktivitas para lulusannya setelah masa pendidikan tinggi, baik masa transisi maupun pergerakan mereka di dunia kerja.
Partisipasi dengan memberikan data kegiatan dalam pelacakan alumni ini akan memberikan informasi yang sangat berguna dalam memperbaiki dan mengembangkan Universitas Katolik Musi Charitas. Perbaikan-perbaikan yang dapat dilakukan berdasarkan data dan informasi meliputi perbaikan kurikulum, sistem layanan, dan sarana/prasarana pembelajaran. Selain itu, informasi mengenai keberadaan para Alumni juga dapat menunjukkan reputasi sebuah Perguruan Tinggi karena akan menunjukkan tentang di mana Alumni bekerja, berapa lama para Alumni mengalokasikan waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan, berapa penghasilan yang diterima, dan pada posisi apa saat ini Alumni bekerja, serta beberapa informasi lain yang mengidentifikasi capaian para Alumni setelah menyelesaiakan studi.
Tracer study dinilai penting karena menjadi alat evaluasi kinerja PT dan sekarang telah dijadikan salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai kelengkapan dalam dokumen Evaluasi Diri. Tracer study ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan lulusan tahun 2019 dan tahun 2020. Dengan jumlah total alumni yaitu 881 responden. Sebagai bentuk apresiasi kepada alumni yang sudah mengisi kuesioner tracer study maka UKMC akan membagikan hadiah. Hadiah total yang dibagikan adalah sebesar 4 juta rupiah dalam bentuk pulsa. Pengundian hadiah dilaksanakan secara langsung pada tanggal 23 Oktober 2021. Tim yang diketuai oleh Ria Triayomi, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada seluruh alumni yang telah mengisi kuesioner secara lengkap, harapannya semoga silahturahmi tetap terjaga dan terjalin baik. Adapun anggota tim adalah Mathius Syafrianto, S.E,Catharina Clara, SE., M.Si, Yulita Permata Sari, S.E. Anggota tim juga melibatkan mahasiswa aktif yaitu Eunike Tania, Rifka Rohani TN, Oxsan dan Yordan. Adapun nama-nama alumni yang memperoleh hadiah kuota dapat dilihat di www.ukmc.ac.id. Kegiatan tracer study tidak cukup sampai disini, karena akan ada beberapa agenda berkaitan dengan publikasi hasil tracer study 2021.
Saat ini UKMC menggunakan Lumen sebagai Learning Management System (LMS) untuk menunjang aktivitas proses pembelajaran di lingkungan UKMC, Website SAKM UKMC untuk merekam aktivitas kegiatan kemahasiswaan yang diikuti mahasiswa selama menempuh perkuliahan. Seperti di Fakultas Ilmu Kesehatan ( Program Studi Keperawatan D3, Program Studi Kebidanan D3, Teknologi Laboratorium Medis D4, Ilmu Keperawatan S1, Profesi Ners ). Fakultas Bisnis dan Akutansi ( Manajemen S1, Akutansi S 1 ). Fakultas Sains dan Teknologi ( Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Informatika, Sistem Informasi ). Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan ( Pendidikan Bhs Inggris, PGSD Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi ). selepas alumni lulus dari pendidikan di Universitas Katolik Musi Charitas pastinya telah memiliki kesibukan baru, baik kesibukan menjadi seorang karyawan pada sebuah instansi atau perusahaan, sibuk merintis dan menjalankan usaha, sibuk melanjutkan studi, atau sibuk menjalankan aktivitas lainnya. Namun demikian, mungkin ada yang masih menunggu untuk mendapatkan pekerjaan. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *