UIN RF Kolaborasi Gelar Webinar Nasional Psikologi Islam

 

  • Bersama IIQ dan UM. Hamka Jakarta

PALEMBANG, MEDIASRIWJAYA – Dalam rangka menjalankan bentuk implementasi kolaborasi kerjasama di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi. Maka Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang yang telah melakukan kerjasama MoA antara Institut Ilmu Al-Qur’an  (IIQ) Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta. Maka diselenggarakanlah kegiatan Webinar Nasional Psikologi Islam dengan tema “Mengatasi Kerentanan Stres Pada Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 Berbasis Integritas Psikologi Islam Dan Kearifan Lokal” yang diselenggarakan Rabu, 4 Agustus 2021, melalui media online zoom meeting.

Kegiatan ini dapat terlaksana atas inisiasi dari Kelompok 9 Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang serta sebagai media support oleh Asoasiasi Psikologi Islam (API) Himpsi Wilayah Sumatera Selatan. Kegiatan ini menghadiri tiga orang narasumber di antaranya narasumber pertama, Dr. Syahidah Rena, M.Ed (Dosen pada Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta; Narasumber kedua, Subhan El Hafiz, M.Si (Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta; Narasumber ketiga, Iredho Fani Reza, MA.Si (Dosen UIN Raden Fatah Palembang).

Webinar Pskologi Islam ini di ikuti oleh sekitar 231 peserta melalui media online zoom meeting yang berasal dari pelabagai akademisi dari Universitas di Republik Indonesia, praktisi dan masyarakat umum. Webinar Psikologi Islam ini juga turut dihadiri oleh setiap perwakilan tiga universitas yang berkolabrorasi. Dari UIN Raden Fatah Palembang turut hadir Dr. Zuhdiyah, M.Ag (Dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang), serta beberapa orang Dosen seperti Dr. Muh. Mawangir, M.Ag, Listya Istiningtyas, M.Psi., Psikolog (Kaprodi Psikologi Islam), serta beberapa orang Dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi, maupun civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang. Dari Institut Ilmu Al-Qur’an  (IIQ) Jakarta turut dihadiri oleh Reksiana, MA.Pd (Kaprodi PAI IIQ Jakarta), serta beberapa orang Dosen dan Mahasiswa IIQ Jakarta. Dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Jakarta turut dihadiri oleh Ilham Mundzir, M.Ag (Wakil Dekan III & IV Fakultas Psikologi UHAMKA Jakarta).

Kegiatan yang dipandu oleh MC  Novia Renita dan Moderator  Lia Novi Yanti diawali dengan doa bersama oleh Yazid Anwar Khaq (mahasiswa Fpsi UIN Radne Fatah). Webinar ini, dibuka secara resmi oleh Dr. Zuhdiyah, M.Ag (Dekan Fpsi UIN Raden Fatah Palembang). Dalam sambutannya, Umi Zuhdiyah (Sapaan akrabnya) mengungkapkan bahwa webinar ini merupaka salah satu bentuk implementasi kerjasama yang telah terjalin antara ketiga Universitas dalam bentuk MoA. Dalam kegiatan ini juga turut diberikan sertifikat penghargaan oleh Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah kepada kedua universitas yang berkolaborasi.

Dalam sesi pemberian materi, ketiga narasumber secara panel memberikan materi yang penuh dengan semangat serta bernilai pengetahuan tentang bagaimana cara mengatasi stres dalam tinjauan Perspektif Psikologi Islam berbasis kearifan lokal. Ketiga narasumber memberikan kata kunci dalam mengatasi kerentanan stres yang dialami oleh mahasiswa yaitu dengan bersabar. Antusias dari peserta sangat tampak, hal ini terbukti dengan rasa penasaran oleh setiap peserta yang memberikan beberapa pertanyaan pada sesi pertanyaan. Harapan kedepannya adalah semoga kerjasama ini dapat di implementasikan melalui kegiatan lainnya yang sifatnya skala nasional dan internasional. Amin. Rekaman Webinar Psikologi Islam dapat dilihat pada Youtube : API Himpsi Sumsel. (rel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *