HeadlineinternasionalNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

UBD Lepas Mahasiswa Ikuti International Mobility Students di UNISEL Malaysia

* Sejak 2008 UBD dan UNISEL Malaysia Kerjasama Terjalin Baik

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Kembali ukir prestasi luar biasa dengan menapakkan kaki ke dunia internasional, Universitas Bina Darma (UBD) melepas 11 mahasiswa mengikuti kegiatan International Mobility Students. 11 Mahasiswa UBD menjalani pertukaran pelajar ke Universiti Selangor (UNISEL) Malaysia selama 1 bulan. Adapun Dosen yang mendampingi yaitu Nita Rosa Damayanti., M.Kom., Ph.D. Ketua Program Studi Sistem Informasi.
Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T. selaku Direktur Urusan Internasional, Karir, Alumni dan Kerjasama mengatakan 11 orang mahasiswa dari 7 program studi (prodi) yang ikut kegiatan di antaranya
1. Yarah Shinta (Prodi Akuntansi)
2. Bela Herliza (Prodi Akuntansi)
3. Putri Stevani A (Prodi Ilmu Komunikasi)
4. Rizka Nadiyah Rahmah Safhirah (Prodi Ilmu Komunikasi)
5. Tarisa Febrina Maharani (Prodi Ilmu Komunikasi)
6. R.A. Amareta Rezka (Prodi Teknik Industri)
7. Adek Tri Hartati (Prodi Psikologi)
8. Siska Permata Sari (Prodi Manajemen)
9. Zhofiroh Khoirunnisa (Prodi Teknik Informatika)
10. Achmad Dimas Aldian Alfurqon (Prodi Sistem Informasi)
11. Asep Nurohim (Prodi Sistem Informasi)

“Mereka akan melaksanakan kegiatan pada 5 September – 1 Oktober 2023 (sit in), lalu selama tanggal 9-21 Oktober 2023 (luring) dan pada tanggal23-27 Oktober 2023 (test dan penilaian). Sit In 1 bulan di UNISEL dilanjut daring 1 bulan di UBD, total 2 bulan. Sebaliknya, UNISEL mengadakan 17TH Convocation Festival pada 9 September 2023: Tari Ya Saman dan Teater Dul Muluk. mahasiswa pertukaran pelajar UBD mendapat undangan untuk ikut kegiatan tersebut,” ujar Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T.


Menurutnya, ada 3 jenis program, short program, credit transfer, dual/join/double degree. 11 mahasiswa tersebut dengan 2 bulan tersebut akan mendapatkan kredit 12 sks dari 4 mata kuliah. Sit In 1 bulan di UNISEL dilanjut daring 1 bulan di UBD, total 2 bulan. “Manfaat mahasiswa UBD mengikuti international mobility students akan mendapatkan pengalaman, tidak hanya dari pengalaman akademik tapi juga pengalaman non akademik. Dimana melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat belajar secara langsung di universitas luar negeri. Serta dapat memperkaya budaya dengan memperkuat pengalaman lintas budaya, toleransi dan persahabatan antar negara. International Mobility Students pastinya memberikan dampak positif bagi mahasiswa kita, dimana dapat membuka manifest tidak hanya bergelut di lokal atau nasional tapi mereka dapat merasakan atmosfer akademik di luar negeri, sehingga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas, memajukan budaya Indonesia khususnya Provinsi Sumsel, dan tentunya generasi muda semakin maju,” tambahnya.
Lebih jauh Yanti menambahkan bahwa tidak hanya itu, harapan UBD juga dapat membuka jalan bagi mahasiswa untuk datang dan belajar secara langsung di UNISEL Malaysia terkait ilmu atau skill yang mungkin belum mereka dapatkan selama menempuh kuliah di UBD. Program ini juga sejalan dengan program pemerintah, terkait MBKM Internasional. Selain itu juga untuk mendukung program UBD Unggul 2025.

Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa UBD, namun ada beberapa persyaratan yang harus mereka penuhi di antaranya: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00, Mulai dari mahasiswa semester 5, serta Memiliki motivasi tinggi untuk belajar. (www.binadarma.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *