UM Palembang Menuju PTS Terbaik di Indonesia

Gelar Wisuda Sarjana ke 74 dan Milad ke 43

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) menggelar wisuda sarjana yang diikuti sebanyak 1190 Wisuda pada periode Juni tahun 2022. Mahasiswa ini tersebar pada 32  Program Studi (Prodi) Dengan rata-rata IPK sebesar 3,52, dan lama studi rata-rata 3.7 tahun  untuk program sarjana dan 1,8  tahun untuk program magister. Fakta ini membuktikan bahwa apa yang dilakukan universitas ini adalah salah satu kenyataan dalam rangka menuju Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Indonesia. Demikian dikatakan Rektor UMPalembang saat pidato pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana UMP Palembang ke 72 di Hotel Wyndam Palembang, Rabu (15/6) dan Kamis (16/6/2022).

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang), Dr.Abid Djazuli, SE.,MM menegaskan berbagai upaya dan terobosan dilakukan lembaganya dalam rangka menuju Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia.

Wisuda ke 72 yang digelar selama dua hari (15-16 Juni 2022)   bertepatan dengan Milad ke 43 Universitas Muhammadiyah Palembang.

Menurut Abid, Mengenang 43 tahun silam, ketika tokoh-tokoh muda Muhammadiyah Sumatera Selatan  memperlihatkan itikad yang teguh dan keyakinan yang kuat, untuk  mengisi kemerdekaan dengan jalan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pendidikan  khususnya Pendidikan Tinggi, maka didirikanlah Universitas Muhammadiyah Palembang tepatnya tanggal 15 Juni tahun 1979 Miladiyah. “Semangat, visi dan misi para pendiri Universitas Muhammadiyah Palembang tersebut, selalu melekat kuat di hati & pikiran,  generasi penerus Universitas Muhammadiyah Palembang untuk menjadikan UMPalembang sebagai perguruan tinggi terkemuka baik dalam tatanan regional nasional bahkan Internasional,” ujar Abid.

Abid menyebutkan Universitas Muhammadiyah Palembang dalam perjalanannya mengalami berbagai ujian, dan pasang surut. “Namun itikad dan semangat juang kami tidak akan pernah goyah untuk menjadikan Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai Lembaga Pendidikan tinggi  yang Kredibel dan Akuntabel, serta menjadi  tempat pengabdian dan ladang ibadah bagi kita semua dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Seiring berjalannya waktu, Universitas Muhammadiyah Palembang tumbuh berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik  di Sumatera bagian Selatan. Pengembangan dan pembangunan terus dilakukan baik dari aspek sumber daya manusia maupun pembangunan sarana prasarana. Pengembangan dan pembangunan tidak hanya terbatas kepada  pembangunan fisik semata.  Universitas Muhammadiyah Palembang juga  mengembangkan berbagai program aplikasi sebagai perwujudan adanya sistem informasi berbasis Teknologi Informasi ,  dalam mendukung proses belajar mengajar dan tata kelola universitas yang terintegrasi,” kata Abid seraya menyatakan harapannya

dengan fasilitas sarana prasarana teknologi yang memadai, UMPalembang  akan mampu beradaptasi dengan kondisi dan perubahan global.  Menurutnya, dalam paradigma baru pengembangan pendidikan tinggi, Universitas Muhammadiyah Palembang mempertegas strategi meningkatkan daya saing, dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)  dan konsisten dalam   penerapan Sistem Penjaminan Mutu (SPMI)  yang berkelanjutan.

 

Atas komitmen dan kerja keras itulah, menurut Abid,   Universitas Muhammadiyah Palembang berhasil mendapatkan hibah  dari kementerian DIKBUD & RISTEK  RI diantaranya Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka  Liga 2, yang menjadi PT satu-satunya di lingkungan LLDIKTI Wilayah II,  yang pada tahun ini memasuki tahun kedua,  Hibah  Program studi sebagai pusat unggulan (CoE) yang diraih oleh 4 program studi, Hibah  pengembangan kurikulum MBKM, Hibah kampus mengajar   dan Hibah mahasiswa magang bersertifikat di BUMN.

Demikian juga dalam bidang kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat,  Universitas Muhammadiyah  terus menunjukkan peningkatan prestasi.Saat ini akreditasi program studi menunjukkan, 6 Prodi (18,6 %) terakreditasi A, 25 Prodi (68%) terakreditasi B, 2 Prodi terakreditasi Baik Sekali,  perlu kerja keras dan saling bahu membahu untuk minimal mempertahankan  akreditasi intitusi Sangat Baik  atau bahkan menjadi  UNGGUL.  Universitas Muhammadiyah Palembang telah berkomitmen untuk fokus pada pengembangan Catur Dharma Perguruan Tinggi secara si berkesinambungan. Universitas Muhammadiyah Palembang telah mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya mendorong peningkatan melalui beberapa program di antaranya Peningkatan sarana prasarana kampus, alhamdulilah syukur kita telah menyelesaikan pembangunan gedung Laboratorium terpadu berlantai empat (4) yang terletak di kampus B, dan juga telah menyelesaikan pembangunan gedung berlantai tujuh (7) di kampus A sebagai sarana perkuliahan dan pelayanan akademik. Bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, saat ini kita berupaya untuk meningkatkan cluster kita dari Madya ke cluster Utama   Publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa yang terus mengalami peningkatan  tahun ini  sebanyak 315.

UMPalembang masih menjadi Perguruan Tinggi Swasta terbanyak menerima Mahasiswa di Lingkungan LL DIKTI wilayah II Kepercayaan  masyarakat ini merupakan amanah besar bagi kita bersama yang harus di Kelola dengan sungguh-sungguh,” ujar Abid.

Peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun berdampak pada ratio dosen tetap. Pada tahun 2022,  jumlah dosen tetap sebanyak 481 orang, dengan rincian 98  dosen berpendidikan S-3 (Doktor), dan 383 dosen berpendidikan S-2 (Magister).

Jumlah dosen berpendidikan S-3 (Doktor) diproyeksikan bertambah dalam waktu satu tahun ke depan,   mengingat saat  ini sebanyak 58 dosen sedang menempuh studi lanjut S-3 (Doktor) baik di dalam maupunluar negeri .

Pengembangan jenjang Pendidikan  dosen S3 juga akan terus kita lakukan setiap tahun sehingga target minimal 50% dosen tetap berpendidikan S3 bisa tercapai.  “Alhamdulilah syukur beberapa hari yang lalu kita telah   resmi mendapatkan satu tambahan  Guru Besar di bidang manejemen, untuk itu civitas akademika mengucapkan selamat kepada Ibu Prof.Dr. Fatimah, SE.,M.Si atas capaiannya tersebut. Saat ini kita masih menunggu hasil dari  5 orang dosen yang sudah mengajukan jabatan akademik guru besar,  kami mohon doa semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama akan diterbitkan SK Presiden untuk jabatan guru besar tersebut. Beberapa  prestasi tersebut di atas, tidak terlepas dari dukungan dan sinergi dari semua pihak utamanya  Badan Pembina Harian (BPH)  dan Pimpinan Wilayah Persyarikatan Muhammadiyah(PWM) Sumsel, serta pembinaan  dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah,” kata Abid lagi.

Hadir pada wisuda hari pertama ini antara lain Gubernur Sumatera Selatan  yang diwakili Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Ketua PP Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah Bapak Prof.Lincolin Arsyad , M.Ec.,Ph.D, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Bapak Prof. Dr. Romli SA, M.Ag, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II. Prof. Iskhak Iskandar., Ph.D. Hadir juga Mitra kerja Universitas Muhammadiyah Palembang ,Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Direktur RS Daerah BARI, Direktur  RS Muhammadiyah Palembang, Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. HM.Idris,SE.,MSI, Anggota Senat  Universitas Muhammadiyah Palembang, Para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Program Studi dan Kepala atau Ketua Lembaga  di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang, Para Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang.

Wisuda hari pertama dilakukan dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang.

Selanjutnya, hari kedua, Kamis (16/6) wisuda sarjana UMPalembang kembali digelar dua sesi yaitu sesi pagi dan sesi siang.

Pada sesi siang, hadir di tengah-tengah para wisudawan, Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwardi, SIP yang dengan setia mengikuti prosesi acara hingga akhir. Sesi kedua di hari kedua ini juga hadir Ketua PP Muhammadiyah Sumsel Prof Dr Romli SA MAg, Ketua Badan Pengurus Harian UMPalembang, Anggota Senat, para Wakil Rektor, para Dekan dan Direktur Pascasarjana dan orangtua/wali alumni. “Wisuda hari kedua ini masih tetap kita laksanakan dengan protokol kesehatan (prokes). Oleh karena itu permohonan maaf kepada orangtua dan keluarga yang tak bisa mengikuti acara.

Semoga hari ini jadi gerbang keberhasilan. Jalan panjang ke depan dengan dibekali ilmu dan iman, insya Allah,” ujar Rektor UMPalembang, Dr Abid Djazuli SE MM saat menyampaikan pidato.

Menurutnya, UMPalembang terus melakukan perubahan, senantiasa meningkatkan kualitas, bekerja keras melakukan perbaikan yang berkesinanbungan untuk supaya sejajar dengan universitas  terkemuka di Indonesia. “Kepada ananda para alumni, bersikap optimis, buka lembaran baru seperti. Kalian seperti lahir kembali, buat rencana perubahan besar di masa mendatang. Dan jangan lupa bahwa mantera mujarab adalah minta ridho orangtua untuk meringankan langkah Anda. Tamatan UMP memang luar biasa? belum dapat kerja, bisa mandiri,” ujar Abid mengakhiri pidato dengan pantun yang disambut aplus hadirin. (*)

Keterangan foto: Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Ketua PP Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah Bapak Prof.Lincolin Arsyad , M.Ec.,Ph.D, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Bapak Prof. Dr. Romli SA, M.Ag, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II. Prof. Iskhak Iskandar., Ph.D.

Keterangan foto:  Wakil Gubernur saat sambutan.

Keterangan foto: Ketua PP Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah Bapak Prof.Lincolin Arsyad , M.Ec.,Ph.D, saat sambutan.

Keterangan foto: Penyerahan cenderamata kepada mahasiswa berprestasi oleh Wakil Gubernur.

Keterangan foto: Pelantikan sarjana baru oleh Rektor UMPalembang

Keterangan foto: Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti saat diwawancarai usai acara wisuda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.