HeadlineNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

UBD Adakan Talk Show With Profesor “ Think Globally Act Locally”

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bagaimana menghadapi tantangan global namun tanpa melupakan ciri khas lokal yang menjadi jati diri bangsa Indonesia yang kaya akan nilai budaya dan kearifan lokal? Bersama Prof. Waspodo, M.ED., Ph.D, Guru besar ilmu Pendidikan Universitas Bina Darma dan dipandu oleh Dr Rahma Santi Zinaida,M.I.Kom melalui acara talk show dibahas lebih dalam dengan perspektif ilmu pendidikan dalam program khusus “Talk With Professor Series #1” persembahan dari Program Pascasarjana UBD, Senin 19 Juni 2023 pukul 09.30 di Smart Class Room Lantai 6 Universitas Bina Darma.


Hadir dalam acara talk show with professor seri # 1 Dr Sunda Ariana,M.Pd,MM segenap rektorat, dekan, dosen, dan mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang. Dalam pembahasannya Prof Waspodo menjelaskan banyak keragaman lokal di Indonesia bahwa “Think globally and act locally…” merupakan sebuah ungkapan sederhana namun begitu kaya makna. Jika dikaitkan dengan fenomena globalisasi, ungkapan ini memiliki pengertian di mana mereka yang berpikir global namun tidak melupakan kekuatan budaya atau nilai-nilai asli. Pelopor ungkapan ini sering dikaitkan dengan seorang perencana kota Skotlandia yang juga seorang aktivis sosial yaitu Patrick Geddes.


Lebih lanjut dikatakan oleh Prof Waspodo bahwa “berpikir global bertindak lokal”, memiliki makna filosofis, bahwa setiap individu harus mampu mengenal dan memahami akan perkembangan dunia dengan tetap bertindak sesuai dengan landasan budaya yang dimilikinya. Setiap Individu dituntut dapat menyaring hal-hal yang datang dari dunia luar. Menentukan pilihanan yang mana yang baik dan mana yang buruk. Juga dapat membedakan antara sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan bagi orang lain. dengan tetap mempertahankan kebudayaan yang dimiliki seperti bersikap, bertindak, berbicara, berpakaian, berjalan dan lain-lain. Terlebih masyarakat Indonesia terkategori sebagai masyarakat yang sudah mengalami modernisasi. Produk lokal seperti sepatu, garmen, makanan rendang, empek-empek dan lainnya bisa mendunia, UBD dapat menggagas misalnya rumah rakit Palembang atau yang lainnya menjadi mendunia. Karena pengaruh dari teknologi dan globalisasi membuat masyarakat berada pada titik masyarakat modern. Masyarakat modern mengalami fase transisi dalam menjalani kehidupan sosialnya. Etika, moral dan tabiat-tabiat baik sudah lekang termakan waktu dan lambat laun sudah mulai memudar dalam kehidupan masyarakat modern sekarang. Berpikir Think Globally Act Locally dalam hidup akan dapat membawa individu sebagai manusia yang berkepribadian terbuka (open minded), mampu mengenal perkembangan dunia dan memahami perubahan-perubahan yang sedang terjadi. (darisawalistyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *