Tetap Patuhi  Prokes,  UPGRI Palembang Kembali Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Keluarga besar Universitas PGRI (UPGRI) Palembang kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang tiap tahun rutin dilakukan. Kali ini penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Hari Kedua Idul Adha, Rabu (21/7) dengan tetap mengedepankan pematuhan tata tertib protokol kesehatan (Prokes) yaitu dengan pengecekan suhu tubuh panitia dan peserta yang menghadiri langsung proses penyembelihan. Selain itu diupayakan pembagian hewan kurban dilakukan dengan membagikan langsung ke kampung-kampung dalam wilayah sekitar kampus UPGRI Palembang.

Ketua Pembina YPLP PGRI Sumsel, Ahmad Zulinto, S.Pd.,M.M pada kesempatan ini hadir langsung menyaksikan proses penyembelihan mengatakan keluarga besar UPGRI Palembang bersyukur masih bisa melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban di tahun ini meskipun situasi masih dalam pandemi Covid 19. “Kita bersyukur bahwa staf UPGRI, Yayasan PGRI Palembang masih bisa mengadakan ini. Ada 4 sapi dikurbankan dan satu sapi dari PGRI Sumsel ini dilakukan masa pandemi. Banyak orang merindukan makan daging, Alhamdulilah UPGRI memiliki rezeki berbagi kepada masyarakat kurang mampu,” ujar Zulinto.

Terkait pematuhan Prokes di mana tidak diperkenankan terjadi kerumuman masyarakat, Zulinto menjelaskan bahwa teknis pembagian diatur dengan daging dibawa petugas ke kampung-kampung. “Ini kita  diusahakan diantar langsung bukan diambil. Meski ada yang sudah terbagi kupon tapi diharapkan tertib. Tetap prokes diutamakan. Mudah-mudahan berguna,” kata Zulinto seraya menambahkan bahwa penyembelihan hewan kurban ini dimaknai bahwa ini melatih pendidikan iman para staf, dosen dan seluruh civitas. Artinya, mengeluarkan sedikit harta kita untuk berbagi. Mudah-mudahan jadi amal ibadah dan dapatkan pahala dari kurban ini.

Di tempat yang sama, Ketua YPLP PT PGRI Sumsel, Dr. Hj. Meilia Rosani,S.H.,M.H. di sela kegiatan ini juga menyatakan rasa syukur karena kegiatan penyembelihan kembali dilakukan keluarga besar UPGRI Palembang. “Keluarga besar UPGRI  Palembang rutin tiap tahun melaksanakan kegiatan seperti ini. Namun pandemi dua tahun terakhir ini agak menurun. Dulu minimal 8 sapi sekarang hanya 4 sapi. Kami memaknai  ini wujud ketakwaan kepada Allah dan rasa syukur kepada Allah dan selanjutnya mempedomani, atau mempelajari hikmah dari Nabi Ibrahim AS yang bersedia ikhlas mengorbankan anak kandung sendiri. Itu hikmah yang paling besar,” ujar Hj Meilia.

Menurutnya,  kegiatan penyembelihan hewan kurban ini juga sebagai ajang silaturahmi dan perhatian Universitas PGRI Palembang baik kepada keluarga besar UPGRI Palembang dan juga jiron tetangga di sekitar kampus.

Sebelumnya, Rektor Uiversitas PGRI Palembang, Dr.H.Bukman Lian, M.M.,M.Si.,CIQaR dalam sambutan singkatnya menyatakan rasa syukur bahwa UPGRI Palembang masih bisa melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban meskipun situasi masih pandemi. “Pandemi ini membuat semua menjadi terganggu termasuk ekonomi. Namun alhamdulilah kita masih bisa melaksanakan meski jumlah sapinya tidak seperti tahun-tahun lalu. Semoga kegiatan ini akan tetap rutin kita gelar di momen Idul Adha,” ujarnya. (iah)

Dari kiri: Ketua Pembina YPLP PT PGRI Palembang dan Ketua YPLP PT PGRI Palembang

 

Rektor UPGRI Palembang saat sambutan singkat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *