HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Terus Lakukan Terobosan, Prodi Jasmani S1 dan S2 UPGRIP Gelar Pelatihan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Di bawah kepemimpinan Rektor Universitas PGRI Palembang (UPGRIP), Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR semua Program Studi terus melakukan berbagai terobosan sebagai Kampus Melaju Dengan Mutu. Kali ini, Prodi Jasmani FKIP S1 dan S2 menggelar pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dengan tema “Kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar Tingkat SMA Sumatera Selatan serta SMP dan SD Kota Palembang”. Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M,Si., CIQaR di Gedung Business and Science Center, Aula Drs. H. Aidil Fitri Syah, Rabu (5/7/2023).

Keterangan foto: Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR, saat memberikan sambutan. 

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BGP Provinsi Sumatera Selatan Dra. Ohorella Erma, M. Ikom, diwakili oleh Ketua Pokja PGP Ketua Program Guru Penggerak Liaska Piani, S.E., M.Si., Ketua MGMP PJOK SMA Provinsi Sumatera Selatan Sulaiman, S.Pd., M.Kes., Ketua KKG BOK Kota Palembang Zulfahmi Hasibuan, S.Pd., Gr., Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR, Wakil Dekan III Dr. Muhamad Idris, M.Pd., Plt. Ketua Program Studi Magister Pendidikan Jasmani Dr. Widya Handayani, M.Si, Ketua Progran Studi Pendidikan Jasmani Farizal Imansyah, M.Pd., para dosen di lingkungan Pendidikan Jasmani FKIP, para peserta sendiri terdiri dari Guru PJOK SMA se-Sumatera Selatan, Guru PJOK tingkat SMP dan SD kota Palembang.

Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini adalah salah satu program Pendidikan Jasmani FKIP dan program Magister pendidikan jasmani yang bertujuan saling membantu dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Keterangan foto: Penandatanganan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M,Si., CIQaR dengan Balai Guru Penggerak, MGMP PJOK Provinsi Sumatera Selatan serta KKG PJOK Kota Palembang.

Pada institusi kedua belah pihak serta melaksanakan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Kegiatan ini dlakukan secara blended learning, Peserta pada kegiatan ini terdiri dari MGMP PJOK SMA Provinsi Sumatera Selatan, MGPM PJOK SMP Kota Palembang, KKG PJOK Kota Palembang yang diikuti secara luring sebanyak 200 orang dan daring 120 orang,” ujarnya

Dalam kesempatan ini juga penandatanganan dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M,Si., CIQaR dengan Balai Guru Penggerak, MGMP PJOK Provinsi Sumatera Selatan serta KKG PJOK Kota Palembang.

Selain itu juga digelar, MoA ditandatangani oleh Dekan Dekan FKIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR dengan Balai Guru Penggerak, MGMP PJOK Provinsi Sumatera Selatan serta KKG PJOK Kota Palembang, serta IA ditandatangani oleh Ketua Program Studi Magister Pendidikan Jasmani Dr. Widya Handayani, M.Si, dengan Balai Guru Penggerak, MGMP PJOK Provinsi Sumatera Selatan serta KKG PJOK Kota Palembang dan Ketua Progran Studi Pendidikan Jasmani Farizal Imansyah, M.Pd dengan Balai Guru Penggerak, MGMP PJOK Provinsi Sumatera Selatan serta KKG PJOK Kota Palembang. “Semoga kerjasama ini bisa memaximalkan Sumber daya manusia dan menjadi suatu yang luar biasa bagi perkembangan pendidikan jasmani,” harapnya.

Senada dengan itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M,Si., CIQaR dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dengan adanya kerjasama ini menjadi kerjasama yang postif antara kedua belah pihak dalam mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing. “Selain itu, melalui momentum ini kami berharap dalam kegiatan pelatihan dapat memberikan wawasan dan keterampilan pada guru-guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar khususnya pada pembelajaran dan assesmen yang akan diterapkan di sekolah,” Urainya.

Sementara itu Kepala BGP Provinsi Sumatera Selatan Dra. Ohorella Erma, M. Ikom, diwakili oleh Ketua Pokja PGP Ketua Program Guru Penggerak Liaska Piani, S.E., M.Si. sangat menyambut baik kegiatan ini. Ini merupakan terobosan yang luar biasa. “Semoga terobosan ini mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan ke depannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,” harapnya.

Untuk diketahui, selain kegiatan MoU, MoA dan IA kegiatan ini juga kegiatan PkM Dosen Pendidikan Jasmani dan Magister Pendidikan Jasmani diketuai oleh Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M.Pd dengan anggotanya Dr. Widya Handayani, M.Si, Dr. Jujur Gunawan Manullang, M.Pd, Ferry Hidayat, M.Pd, Hengki Kumbara, M.Pd, Hikmah Lestari, M.Pd dan Bambang Hermanysah, M.Pd dengan mengusung tema “Kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar Tingkat SMA Sumatera Selatan serta SMP dan SD Kota Palembang”

Di hadapan para peserta Paparan Materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh narasumber oleh Dr. Muhsana El Cintami Lanos, M.Pd yang dimoderatori oleh Hikmah Lestari, M.Pd, Sosialisasi Program Magister Pendidikan Jasmani oleh Plt. Ketua Program Studi Magister Pendidikan Jasmani Dr. Widya Handayani, M.Si. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *