SMB IV Ajak Lestarikan dan Jaga Rumah Limas Cek Mas

Poto: Bertempat di Rumah Limas Cek Mas di Lr Masjid, Jalan Ki Gede Ingsuro, Kecamatan IB II Palembang Kepanitian halal bi halal kerabat Kesultanan Palembang Darussalam secara resmi dibubarkan, Kamis (2/6).

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bertempat di Rumah Limas Cek Mas di Lr Masjid, Jalan Ki Gede Ingsuro, Kecamatan IB II Palembang Kepanitian halal bihalal kerabat Kesultanan Palembang Darussalam secara resmi dibubarkan, Kamis (2/6).
Hadir di antaranya Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja, Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo,R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran Suryo Febri Irwansyah, , Pangeran Surya Kemas A. R. Panji, Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumatera Selatan Merry Hamraeny, S.Pd, M.M , Youtuber Palembang Mang Dayat, budayawan Palembang Heri Mastari, Perwakilan Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Isnayanti, sejumlah seniman dan budayawan Palembang , tokoh masyarakat sekitar rumah limas Cek Mas dan para kerabat Kesultanan Palembang Darussalam.
Ketua Panitia halal bihalal, Muslim, mengucapkan terimakasih kepada seluruh kerabat Kesultanan Palembang Darussalam yang telah bahu membahu menyukseskan kegiatan halal bi halal tersebut.“Kalau ada salah salah selama ini mohon dimaafkan, “ katanya.
Sedangkan Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikramo, RM Fauwaz Diradja menjelaskan , penutupan kegiatan halal bihal dilakukan di rumah limas Cek Mas lantaran rumah Cek Mas ini adalah rumah bersejarah dan pernah dipakai sebagai dapur umum untul para pejuang lima hari lima malam.“Kedua rumah limas ini banyak menyimpan benda benda yang bernilai budaya dan sudah didata oleh dinas kebudayaan kota “, kata Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja.
SMB IV mengajak masyarakat Palembang untuk bisa melestarikan seni, budaya dan sejarah kota Palembang termasuk melestarikan dan menjaga rumah limas Cek Mas ini.
Ketua jelajah Musi, Sulaiman mengatakan, kedepannya rumah limas Cek Mas ini akan menjadi objek wisata baru untuk dikunjungi.“Selama ini Jelajah Musi hanya mengunjungi kampung Kapitan, Pulau Kemaro dan Dapur Cinta , untuk rutenya ke depan makan akan mengunjungi rumah limas Cek Mas untuk menjadi tujuan wisata jelajah Musi” katanya.(dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.