HeadlineHukum&KriminalPalembangSUMSEL

Sidang Lanjutan Lina Mukherjee Hadirkan Saksi Ahli

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Sidang lanjutan dengan menghadirkan terdakwa Lina Mukherjee, dalam kasus makan kriuk babi dengan membaca Basmalah masih mendengarkan keterangan saksi para ahli, pada persidangan pidana umum di Pengadilan Negeri (PN) Klas 1a Palembang, Selasa (8/8) pukul 11.00 Wib.

Persidangan dipimpin langsung Hakim Ketua, Romi Sinatra. Jaksa Penuntut Umum (JPU), Siti Fatimah. Kuasa Hukum terdakwa, Supendi SH. dengan menghadiri empat saksi ahli, yaitu Saksi Fakta dari MUI secara tatap muka. Sedangkan Saksi Ahli ITE, Saksi Ahli Bahasa dan Saksi Ahli Sosiologi Hukum dilaksanakan secara online zoom.

Jalannya persidangan terdakwa Lina Mukherjee, juga menjadi perhatian dari mahasiswa dan beberapa sahabat terdakwa.

Sidang sempat diskor, dimana terdakwa Lina, untuk minum dan menyempatkan bertemu  dengan sahabat. Dari artis manager dan make up artis, dijadikan ajang kangen- kangenan walau hanya sebentar.

Salah satu saksi ahli, Nur Cholis, dari Komisi Fatwa MUI, menuturkan jika kasus makan kriuk babi mengucapkan Basmalah, Komisi Fatwa MUI sudah menyatakan masuk dalam penistaan agama setelah terlebih dahulu dilakukan pengkajian oleh Komisi Kajian MUI. “Kasus Lina Mukherjee di Komisi Fatwa MUI sudah pada tatanan penistaan agama, setelah kami mendapatkan kajian dari Komisi Kajian, juga Komisi Fatwa mendapat pengaduan dari masyarakat, maka kami gali informasi termasuk juga dari krimsus Polda Sumsel, setahu saya kejadian di Bali tapi yang melaporkan  masyarakat Sumsel maka sidangnya di sini, ini adalah sebuah bentuk kepedulian, akan kecintaan pada agamanya,” ungkap Nur Cholis.

Semrntara itu, terdakwa Lina Mukherjee, pada sidang kali ini beberapa kali melontarkan senyum, mengingat ada beberapa sahabatnya datang menyaksikan jalannya persidangan, bahkan terdakwa sempat dibawakan makanan kesukaannya.”Senang gak nangis lagi, ibu sudah tahu aku di sini, pesan kepada keluargaku, aku mau minta maaf, karena kasus ini tetangga tahu pasti ngoceh- ngoceh, semoga ibuku tabah menunggu aku, bahkan masih ada yang support teman- teman termasuk wartawan, terimakasih ” ujar Lina.

Untuk agenda sidang lanjutan ke depannya, dikatakan terdakwa Lina pihaknya akan mendatangkan saksi yang meringankan terkait kasus yang tengah dihadapinya. “Kita akan menghadirikan saksi yang meringankan, seperti di sosial media ini kan ada wartawannya juga. Seperti kak Nikita Mirzani yang pro, coba nanti akan kita hadirkan, siapa- siapa yang bisa gitu,” harapnya.

Untuk empat para saksi yang hadir dalam persidangan, dibenarkan langsung oleh Kuasa Hukum terdakwa Lina, Supendi SH yang mengatakan ada satu saksi fakta dan 3 saksi ahli. “Oleh Jaksa Penuntut Umim tadi menghadirkan 3 saksi ahli dan saksi fakta ada satu dari MUI, dimana MUI sudah mengeluarkan fatwa,” ujarnya singkat. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *