HeadlineHukum&KriminalNasionalPalembangSUMSEL

Siap WBBM, Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel Luncurkan Aplikasi Si-Kance Enim

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Sebagai wujud komitmen dalam memberikan Layanan publik secara prima, baik kepada masyarakat maupun Warga Binaan, Lapas Muara Enim telah meluncurkan sebuah inovasi baru dengan memanfaatkan Tehnologi Informasi yaitu aplikasi Sikance Lanim. Kalapas Muara Enim Herdianto menjelaskan secara spesifik tentang aplikasi S-Kance Lanim, Jumat (12/5).

Kance merupakan bahasa daerah asli Muara Enim yg sering didengar yang artinya Sahabat. Si Kance Lanim sebagai maskot (Lebah) merupakan Sahabat Lapas Muara Enim yang selalu memberikan manfaat dalam pelayanan yang terbaik kepada Pengguna Layanan Lanim. “Aplikasi Si kance Lanim merupakan Inovasi Layanan Berbasis android dengan tujuan agar memudahkan penerima layanan dalam mengakses layanan layanan Lapas Muara Enim, baik layanan kepada masyarakat maupun layanan internal (Pegawai),” ujar Herdianto.

Selain itu, aplikasi Sikance Lanim juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat berguna. Pada Fitur Layanan Masyarakat terdiri dari Si Dakocan (sistem Daftar Kunjungan Online dan Cari Informasi Layanan) dan Si Uddin (sistem Upload Download Dokumen Integrasi Online) dan dilengkapi dengan FITUR TRAFFIC akan update secara otomatis di aplikasi seluruh proses Integrasi WBP Lapas Muara Enim.

Sementara untuk fitur Layanan Internal kepada pegawai dalam rangka memudahkan dalam Administrasi Kantor yang terdiri dari SiMora (Sistem Monitoring Surat) dan Si Baper (Sistem Monitoring Barang Persediaan).

Selanjutnya ada fitur Akses Kontak (berisi Layanan Pengaduan, fb, Ig, Twiter, dan youtube) dan juga adanya Fitur Marketplace Penjualan Hasil Produk Karya Warga Binaan serta berbagai Informasi penting lainnya di Lapas Muara Enim.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya mengapresiasi peluncuran inovasi berupa Aplikasi Si-Kance Enim dari Lapas Muara Enim ini. Dikatakan Ilham hal ini tentunya wujud nyata dari Lapas Muara Enim untuk meningkatkan kualitas Pelayanan dan mampu menjawab ekspektasi pengguna layanan baik itu internal maupun eksternal serta masyarakat luas.

Diketahui bahwa Lapas Muara Enim merupakan salah satu dari 11 satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel yang akan menghadapi desk evaluasi oleh Tim Penilai Internal dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham untuk meraih Zona Intergritas WBK/WBBM yang diagendakan pada 15-17 Mei mendatang.

Terhadap rencana kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumsel menganggap bahwa kesiapan dari jajaran Lapas Muara Enim untuk menghadapi Desk Evaluasi sudah cukup baik dibuktikan dengan peluncuran aplikasi tersebut. “Untuk menuju WBBM tentunya diperlukan inovasi unggulan.yang dampaknya dapat mempermudah, mempercepat, menghemat waktu, biaya dan memberikan nilai tambah bagi peningkatan pelayanan publik. Semoga Aplikasi Si-Kance Enim ini dapat menjawab tantangan dari berbagai isu strategis di Lapas Muara Enim serta dapat berhasil mengantarkan Lapas Muara Enim meraih predikat WBBM,” ujar Ilham Djaya. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *