HeadlinePalembangPendidikan

Seminar KKL PBI UKMC: Serunya Belajar Bahasa Inggris

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Program pemberdayaan berupa seminar offline bertajuk ‘How to Enjoy Learning English for Special Purpose’ telah terlaksana dengan baik di Aula John Wesley SMK Methodist 2 Palembang. Pelaksanaan program pemberdayaan ini tidak lepas dari Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dijalankan oleh Ferik Fernando dan Vewent Fest Levinli, dua mahasiswa Unika Musi Charitas, di sekolah mitra tersebut. Observasi yang dilakukan oleh mahasiswa/i semester 6 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Musi Charitas (PBI UKMC) ini menunjukkan keinginan pelajar untuk memulai pembelajaran Bahasa Inggris. Peserta didik di sekolah tersebut memiliki antusiasme yang tinggi saat belajar Bahasa Inggris. Namun, tak sedikit pula yang masih bertanya-tanya apa sih penting dan serunya menguasai Bahasa Inggris?

Seminar yang dilaksanakan pada Mei 2023 ini diawali dengan ramainya pelajar kelas X dan XI, berjumlah 149 orang, yang berbondong-bondong memadati Aula John Wesley. Setelah dibuka dengan doa, terdapat kata sambutan dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum,  Naek Parulian Hutagalung, S.Kom. Satu kalimat yang dapat di-highlight dari kata sambutan beliau adalah “Pembelajaran bahasa internasional yaitu bahasa Inggris merupakan hal yang perlu didorong guna kepentingan di dunia kerja kelak di kemudian hari.”

Kegiatan pemberdayaan ini mengundang pembicara berpengalaman di bidang pembelajaran Bahasa Inggris sekaligus dosen tetap di UKMC yakni Yohanes Maria Restu Dian R., M. Hum. Sharing singkat pengalaman, tips dan trik menggunakan teknologi AI seperti Chat GPT secara bijak, serta pembelajaran bahasa Inggris via aplikasi seperti Duolinggo, Elsa Speak, dan English Score menarik keingintahuan siswa-siswi. Hal penting yang menjadi catatan khusus bagi mereka yang ingin memulai pembelajaran Bahasa Inggris adalah belajar bahasa tidak lepas dari kegiatan membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara. “Informasi yang didapatkan akan menjadi tak terbatas, jika kamu bisa membaca dan mengerti apa yang kamu baca,” tegas narasumber. Kegiatan ini dapat terlaksana sukses karena dukungan guru-guru SMK Methodist 2 Palembang, serta rekan mahasiswa KKL lain yaitu Agnes, Kelvin dan Nico Timotius. (darisawalistyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *