Rumah Anjungan Kabupaten Muba Buat Semarak Festival Anjungan Sumsel

*Pamerkan Pernak Pernik Karya Emak-emak Hingga Kuliner Khas Muba

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA- Rumah Anjungan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tulisan inilah yang terpampang jelas di depan rumah adat Muba dalan rangkaian Peresmian Festival Anjungan Sumsel 2022 di Dekranasda Jakabaring, Kamis (23/6/2022).

Ciri khas rumah Anjungan Kabupaten Muba membuat mata pengunjung Peresmian Festival Anjungan Sumsel 2022 tersorot. Betapa tidak, selain ciri khas kedaerahan yang sangat kental, rumah Anjungan Kabupaten Muba juga memamerkan sejumlah pernak-pernik karya kaum ibu-ibu dari Muba. “Dipamerkan juga kain Gambo Muba, yang merupakan inisiasi ibu Thia Yufada, dimana kain Gambo mempunyai ciri khas tersendiri produk eco fashion yang sangat ramah lingkungan,” ucap Pj Ketua TP PKK Muba, Hj Asna Aini Apriyadi. Menurutnya, Kabupaten Muba saat ini tidak bisa dipisahkan dari kain Gambo, terlebih produk tersebut sudah menjadi trend fashion. “Apalagi Gambo Muba ini berasal dari limbah getah Gambir yang diolah langsung ibu-ibu di kawasan Pedesaan di Muba,” terangnya.

Tidak hanya itu, Lanjut Asna, dalam rangkaian tersebut juga disajikan kuliner khas Muba. “Kegiatan ini sangat bagus sekali guna mengangkat kekhasan daerah di Sumsel, kami dari Muba mengucapkan Terima kasih kepada pak Gubernur Herman Deru bersama Ibu Febrita Lustia yang telah memfasilitasi Kabupaten/Kota untuk andil dalam kegiatan positif ini,” urainya.

Sementara itu, Kepala Disdagperin Muba, Azizah SSos MT menerangkan adapun yang ditampilkan pada rangkaian Festival Anjungan Sumsel 2022 ini produk-produk karya warga Kabupaten Muba. “Ada pernak-pernik rajutan rotan dan produk lainnya, Alhamdulillah membuat pengunjung antusias melihatnya dan untuk mengupas detail produk yang dipajang,” tuturnya.

Azizah menambahkan, rangkaian Festival Anjungan Sumsel tahun 2022 digelar 23-24 Juni 2022 di kawasan Dekranasda Jakabaring Palembang. “Semoga kegiatan ini dapat lebih mengenalkan produk-produk handmade warga Muba yang tentunya sangat ramah lingkungan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.