EkonomiHeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

RSUP Palembang Sukses Lakukan Operasi Hybrid Pertama di Sumatera

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Mohammad Husein Palembang sukses melakukan operasi Hybrid pertama di Sumatera. Tindakan tersebut dilaksanakan, Selasa (7/6).

dr Gama Satria, SpB, SpBTKV (K) mengungkapkan, Operasi Hybrid merupakan operasi yang mengkombinasikan operasi terbuka dan intervensi aorta yang dilaksanakan secara bersamaan.”Operasi Hybrid memungkinkan dilakukannya tindakan diagnostik, intervensi, serta pembedahan dilakukan pada saat yang sama sehingga memudahkan pasien untuk dievaluasi,” ungkapnya.

Operasi Hybrid menjadi salah satu solusi dalam penanganan penyakit Diseksi Aorta, yakni kondisi saat lapisan dalam pembuluh darah aorta robek dan terpisah dari lapisan tengah dinding aorta. “Penyakit yang gejala nya seperti nyeri dada, sesak napas pada paru paru dan gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh,” katanya.

Di tempat yang sama dr. Aswin Nugraha, SpBTKV menambah operasi Hybrid itu bertujuan untuk memperbaiki pembuluh yang besar di jantung sehingga bisa dikombinasikan dan untuk memudahkan transisi antara imaging dan bedah sehingga mengurangi sumber kontaminasi. “Pada operasi Hybrid memakai teknologi dan strategi khusus yang sangat jarang dilakukan pada operasi jantung lain nya,” katanya.

Menurut dr Aswin, banyak manfaat operasi Hybrid bagi pasien. mulai dari keamanan dan hasil klinis yang lebih baik. “Selain itu, komplikasi yang terjadi setelah operasi lebih minim, juga dapat mencegah penundaan tindakan, dan pemulihannya lebih cepat,” ujarnya.

Sementara itu, dr Ahmat Umar, SpB, SpBTKV(K) berharap dengan ada nya operasi Hybrid tersebut, perawatan dan pengobatan akan lebih efektif dan tepat sasaran dan pelayanan di RSUP bisa lebih optimal.(dkd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *