RS RK Charitas Group Rayakan HUT ke-4  dan Sertijab  Direktur Charitas Hospital Palembang

 

  • Syukur atas 95 Tahun RS RK Charitas
  • Rayakan 135 Tahun Wafatnya Muder Theresia Saelmaekers, Pendiri Kongregasi Suster Fransiskus Charitas

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA –  Kamis, 29 Juli 2021 bertempat di Auditorium Charitas Hospital segenap Civitas Hospitalia RS RK Charitas merayakan syukur atas usianya yang telah 95 tahun melayani masyarakat Sumatera Selatan, HUT ke-4 Charitas Group (meliputi 6 Rumah Sakit yaitu RS RK Charitas Palembang, RS Myria Palembang, RS Karya Asih Palembang, RS Bakti Ningsih Belitang, RS Bakti Ningsih Jogyakarta, RS Hana Charitas Bengkulu ), yang telah mampu meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat dan saling memberikan informasi pengetahuan tentang kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Juga bertepatan dengan 135 tahun wafatnya Muder Theresia Saelmaekers Pendiri Kongregasi Suster Fransiskus Charitas, Serta dilaksanakannya serah terima jabatan Direktur Utama Charitas Hospital Palembang dari dr. Cicilia Partini, MARS (Sr. M. Patricia, FCh) kepada dr Sutomo MARS Direktur RS Charitas Hospital yang baru. Acara dimulai dengan Misa Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Romo Laurentius, SCJ.

Sejarah RS RK Charitas diawali dari lima orang Suster dari Konggregasi Charitas Roosendaal tiba di Palembang bulan Juli 1926. Mereka adalah Suster Raymunda Hermans, Suster Willhelmina Blesgraaf, Suster Caecilia Luyten, Sr Alacoque van der Linden, dan Suster Chatarina Koning.  Dengan semangat cita – cita pendiri Konggregasi Suster Suster Santo Fransiskus Charitas ” yakni dalam kegembiraan, kesederhanaan dan terutama dalam cinta kasih menolong orang lain, seraya berdoa dan mengorbankan diri menampakkan kegembiraan hidup di antara orang sakit dan yang kekurangan” kelima suster tersebut memulai karyanya di Indonesia tepatnya di wilayah misi kota Palembang. Karya para Suster Charitas di Palembang semakin berkembang. Rumah sakit yang didirikan para Suster Charitas ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Palembang. Dan pada saat ini genap 95 tahun melayani masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan.

Sejak Launching Charitas Group, Sabtu (29/07/2017) RS Charitas Hospital Palembang berusaha terus meningkatkan kualitas pelayanan. “Oleh karena itu Rumah Sakit ini terus meningkatkan kualitas pelayanan, yang berorientasi kepada non provit, standar pelayanan minimal, SDM, dan sarana prasarana yang harus dipenuhi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada, sehingga pelayanan akan optimal dan pasien akan cepat sembuh, selamat, merasa aman dan nyaman selama dirawat di Rumah Sakit RK Charitas,” tutur Sr M Hendrica,F.Ch ( Ketua pembina Yayasan RS Charitas ).

Romo Laurentius SCJ dalam kotbahnya menyampaikan pesan agar segenap insan Charitas Hospital mampu meneladan Muder Theresia Saelmaekers. “ Berikan kasih dan memberikan rasa gembira dalam melayani kepada tamu Ilahi yang datang ke Rumah Sakit “ ungkap Rm Laurentius,SCJ. Selesai Misa Ekaristi Kudus dilanjutkan sambutan-sambutan yaitu dari Dr.CB Kusmaryanto SCJ ( Governing Board ), NS Sr M Paskalia F.Ch S.Kep.MARS ( Ketua Yayasan RS Charitas ), Sr M Hendrica,F.Ch ( Ketua pembina Yayasan RS Charitas ), selanjutnya acara Serah terima jabatan Direktur Utama Charitas Hospital Palembang, dr. Cicilia Partini, MARS (Sr. M. Patricia, FCh) kepada dr Sutomo MARS Direktur RS Charitas Hospital yang baru. Dalam sambutannya Sr Paskalia F.Ch.S.Kep Mars berharap kepada hospitalia Chariras agar mampu mewujudkan pelayanan yang penuh kasih .“ Mampu mewujudkan pelayanan yang penuh kasih “ harap Sr Paskalia F.Ch. Sedangkan dr Sutomo Mars Direktur Charitas Hospital yang baru berharap dalam permasalahan SDM, kecukupan ruangan rawat inap, kekuarang obat dan alkes mohon bantuan dan dukunangan semuanya sehingga dapat melaksanakan visi dan misi menalankan program kerja. “ Kita bergandengan tangan dengan penuh kasih yang tinggi dan semangat optimisme nilai-nilai Charitas bisa mengatasi masa-masa sulit. “ ungkap dr Sutomo MARS. diakhiri dengan pembagian hadiah / penghargaan kepada karyawan dan pemenang aneka lomba dalam rangka HUT RS RK Charitas. (daris)

 

.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *