Ratusan Pelajar SMP Xaverius 1 Palembang Vaksinasi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA  – Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi Covid-19, tak terkecuali bagi kelompok usia 12 tahun – 17 tahun. Percepatan vaksinasi untuk usia pelajar ini dibutuhkan agar pembelajaran tatap muka bisa lebih aman. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palembang dan Puskesmas Ariodilah, sebanyak lebih dari 120 siswa-siswi SMPK Frater Xaverius 1 Palembang yang berlokasi di Jalan Kapten Marzuki 513 Kamboja Palembang didampingi orangtuanya  pada Senin (13/9/2021) mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap pertama.  Jumlah peserta vaksin ini merupakan hasil pendataan yang belum memperoleh vaksin, selebihnya peserta didik di SMP Xaverius 1 Palembang beserta bapak ibu guru dan tenaga pendidiknya telah memperoleh vaksin.

Terlebih Presiden Joko Widodo mendorong agar program vaksinasi untuk para pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dipercepat sehingga tercipta kekebalan komunal dan terhindar dari pandemi Covid-19. “Kita ingin mendorong agar vaksinasi ini semuanya bisa dipercepat sehingga bisa tercapai kekebalan komunal dan kita bisa terhindar dari Covid-19,” ucap Presiden. Vaksinasi bagi tenaga pendidikan dan usia pelajar memang menjadi syarat penting untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Selain soal vaksinasi, persiapan teknis dan non-teknis untuk pembelajaran tatap muka harus terlebih dulu dipastikan, termasuk mengenai kondisi herd immunity dan zonasi penyebaran Covid-19 di daerah tempat sekolah itu berada. “Hal lain yang harus diperhatikan  dalam pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas sekolah, apakah sebuah daerah sudah mencapai minimal 70%-80% kekebalan kelompok. Juga kesiapan sekolah dan orang tua sesuai Juknis protokol kesehatan. “ ungkap dr Rianingsih, Kepala Puskesmas Ariodillah .Program vaksinasi ini diharapkan bisa menurunkan laju penularan dengan cakupan yang tinggi dari sasaran vaksinasi di kelompok usia tersebut. Kepala Sekolah SMPK Frater Xaverius 1 Palembang  juga mengingatkan agar para siswa tetap dapat menerapkan protokol kesehatan saat kegiatan belajar mengajar di sekolah  secara tatap muka..“ Tapi hati-hati kalau saat sekolah tatap muka, belajar tatap muka, tetap pakai masker ya. Kemudian jaga jarak dengan teman, jangan berkerumun. Kita harus mulai disiplin semuanya anak-anakku karena pandemi ini belum berakhir,” ujar Fr.M.Faustianus Banusu BHK .M.Pd.

Di tempat terpisah Dinas Kesehatan juga melaksanakan kegiatan vaksinasi covid-19 bagi pelajar SMP Santo Louis dan SMA Xaverius 2 Sukajaya Palembang pada Selasa ( 14/9/2021)  Sebanyak 116 pelajar SMP Santo Louis dan 140 anak SMA Xaverius 2 ditempat yang sama memperoleh Vaksinasi.  Y. Subardan Kepala SMA Xaverius 2 Palembang mengharapkan, kegiatan vaksinasi kepada para siswa-siswi sekolah  tersebut dapat mempercepat pembentukan kekebalan kelompok atau “herd immunity sehingga kedepannya proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan normal. Kegiatan vaksinasi tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif. Siswa-siswi terdaftar diberikan arahan dengan jelas dan dilayani dengan sebaik mungkin. Kegiatan tersebut juga dijadwalkan persekolah sehingga tidak terjadi penumpukan selama berlangsungnya vaksinasi.  “Tadi pas divaksin agak sakit, tapi sudah gak sakit. Ayo teman-teman yang lain segera divaksin agar terhindar dari Covid-19,” ujar Kezia siswi SMPK Frater Xaverius 1 Palembang kepada awak media.  “Semoga program vaksinasi yang selama ini digelar di sekolah-sekolah dapat berjalan lancar tanpa mengabaikan Protokol Kesehatan yang ada. Kemudian dihimbau para guru untuk terus memantau murid-muridnya agar mematuhi Protokol Kesehatan sehingga nantinya tempat pendidikan tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19”, kata Suratman Satgas Covid-19 di SMP Xaverius 1 Palembang.   (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *