HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Palembang Gelar Field Trip, Talk Show dan PkM

* Menjadi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis English Edupreneur yang Inovatif Berlandaskan Nilai-Nilai Keislaman

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Selasa, 11 April 2023, Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Palembang mengadakan kegiatan Field Trip sekaligus juga melaksanakan kegiatan talk show dan dilanjutkan dengan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat PkM). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa HMPS serta kolaborasi antar dua prodi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan sejarah FKIP UM-Palembang.

 

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut berlokasi di wisata rumah adat Sumatera Selatan atau lebih dikenal dengan nama Anjungan Rumah Adat Sumatera Selatan yang berada di kawasan Dekranasda Jakabaring Palembang. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerjasama antara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UM Palembang dengan Prodi Pendidikan Sejarah UM Palembang. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga merupakan praktik sekaligus refleksi dari beberapa matakuliah yang ada pada kurikulum Prodi yang berjalan. Beberapa matakuliah penunjang yang diimplementasikan pada kegiatan ini adalah matakuliah English for Tourism, English for Business, Entreuprenership pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris.


Tema workshop dan seminar pada kegiatan ini adalah Introduction to visual merchandising of new product as Entrepreneurship. Sementara tema kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dibawakan adalah Pengenalan Dunia Bisnis Secara Modern dalam Meningkatkan motivasi Mahasiswa sebagai Entrepreneur bidang pendidikan Masa Depan. Kedua tema ini memiliki keterkaitan satu sama lain, pemilihan tema ini juga tepat untuk mendukung softskill mahasiswa serta kaitannya dengan salah satu profil lulusan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UM Palembang yaitu menjadi pendidik dan edupreneur.

Terdapat dua Pemateri pada kegiatan workshop dan seminar ini yaitu Dr. Hudaidah M.Pd yang merupakan dosen dari Universitas Sriwijaya Palembang, dan Dian Septarini, M.Pd yang merupakan dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang. Sementara peserta yang hadir pada acara ini adalah para dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggirs dan Pendidikan Sejarah FKIP UM Palembang. Materi yang disampaikan sangat menarik, sehingga para peserta yang hadir khususnya mahasiswa sangat antusias mengikuti workshop interaktif ini.


Dalam kesempatan ini Dr. Hudaidah, M.Pd menyampaikan berbagai macam sejarah-sejarah lokal yang ada di kota Palembang. Dilanjutkan oleh Dian Septarini, M.Pd yang menyatakan bahwa “visual merchandising sangatlah penting dan berpengaruh dalam membangun brand karena dapat menarik, meningkatkan dan memotivasi pelanggan untuk melakukan pembelian suatu produk”. Kemudian Dian Septarini, M.Pd juga menambahkan “Terdapat beberapa komponen atau faktor penting dalam menentukan visual merchandising produk kita diantaranya adalah pandangan pelanggan terhadap produk, simbol, warna, dan kemasan”. Salah satu upaya untuk membangun jiwa enterpreneur itu sendiri adalah dengan menjadi kreatif.


Melalui serangkaian kegiatan ini, Asti Gumartifa, M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di FKIP UM Palembang berharap dapat meningkatkan kecintaan para mahasiswa terhadap pengembangan skill berbahasa Inggris melalui berbagai implementasi yang salah satunya adalah melakukan bisnis pada bidang pendidikan. Sehingga agar para mahasiswa dapat menjadi pendidik dan edupreneur yang sukses di masa mendatang. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *