HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

PMI Provinsi Sumsel Adakan InHouse Training Seleksi dan Pengambilan Darah

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Pelayanan darah merupakan salah satu bagian dari keseluruhan sistem pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit maupun Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia ( UDD PMI ) dan ketersediaan darah yang aman, terjangkau, mudah diakses dan rasional sudah menjadi tuntutan yang perlu diwujudkan. Maka agar tenaga pelaksana pada Unit Donor Darah PMI di kota Kabupaten Sumsel terstandarisasi, selama lima hari, pada (21-26/11/2022) melaksanakan kegiatan Inhouse training seleksi dan pengambilan darah bertempat di kantor PMI Provinsi Sumsel Jalan Sukajaya Km5 Rt 6/1 Sukabangun Sukarame Palembang.

Dr Kms Yakub Rahadiyanto kepala UTD PMI Sumsel kepada Media Sriwijaya mengungkapkan bahwa pada pelatihan Inhouse Training seleksi dan pengambilan darah diberikan kepada tenaga yang menangani Unit Donor darah di Provinsi Sumatera Selatan dan kota/kabupaten lainnya membahas tentang manajemen secara keseluruhan dari bagaimana pengelolaan/mendirikan Bank Darah Rumah sakit (BDRS), manajemen harian, troubleshooting, penggunaan klinis darah sampai perannya, juga memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta yang terlibat perihal pentingnya penanganan dan pengolahan transfusi darah yang benar sesuai dengan standar persyaratan yang berlaku, tentang pelayanan darah, standar pelayanan transfusi darah panduan umum serta persyaratan dan prosedur usaha transfusi darah (UTD) PMI di Indonesia, penanganan manajemen harian, troubleshooting, serta penggunaan klinis darah, manajemen pengelolaan transfusi darah. Dalam pelaksanaan Inhouse training seleksi dan pengambilan darah ini peserta yang memperoleh nilai tertinggi adalah Pancawati, Am.Kep, ketrampilan tertinggi diperoleh Richy Wulandari, S.Kep, dan peningkatan nilai tertinggi diperoleh Meriza KaraS.Kep Ners.

Arpan Mirza,SKM ketua Panitia pelaksana menjelaskan bahwa saat ini setiap menit terdapat 1 (satu) Orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Untuk kebutuhan di Palembang saja dalam satu bulan sekitar 7000 kantong darah dibutuhkan. Maka Palang Merah Indonesia merupakan organisasi yang sah secara undang-undang untuk membantu Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pelayanan darah transfusi dan pelayanan sosial kemanusian di Indonesia. pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di Bank Darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk tranfusi darah , di mana terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsung. Semoga warga Sumatera Selatan khususnya Palembang yang terkenal dengan kegotongroyongannya akan semakin tergerak hatinya sehingga berkenan untuk aktif mendonorkan darahnya sehingga akan bermanfaat bagi masyarakt yang membutuhkan. ( Andras Daris Awalistyo )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *