Penyerahan Sertifikat Pendidik PPG Dalam Jabatan Bersubsidi Angkatan I, III dan IV FKIP UM Palembang

Keterangan foto: Penyerahan sertifikat pendidik oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Indawan, M.Pd

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bertempat di Ballroom Lt 3 Hotel Beston Palembang, Senin (27/12/2021) berlangsung Penyerahan Sertifikat Pendidik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Bersubsidi Angkatan I, III dan IV secara daring dan luring Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang.

Hadir pada acara ini Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang yang pada kesempatan ini diwakili oleh Prof. Dr. Indawan, M.Pd. sebagai Wakil Rektor I, Dekan FKIP UM Palembang Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd., Wakil Dekan II, III, dan IV FKIP UM Palembang, Koordinator PPG yang baru Dr. Bonita Hirza, M.Pd., para dosen PPG UM Palembang baik yang hadir secara luring atau daring, para guru pamong PPG UM Palembang baik yang hadir secara luring atau daring, Tim IT dan tim LMS PPG UM Palembang, Wakil alumni yang hadir secara luring serta para alumni PPG Angkatan I, III, dan IV yang hadir secara daring dari Aceh sampai Papua.

Koordinator PPG, Dr. Saleh Hidayat, M,Si dalam laporannya menyampaikan sejak diterbitkannya SK Menristek Dikti Republik Indonesia nomor 774/KPT/I/2019 tanggal 23 Agustus 2019, FKIP UM Palembang di awal tahun 2020 mendapat amanah untuk melaksanakan PPG Prajabatan bidang studi Matematika sebanyak 50 orang, tetapi ditunda karena ada pandemi Covid-19. Setelah menunggu 1 tahun barulah pada bulan Maret 2021 mendapat amanah menyelengggarakan PPG Angkatan 1 dengan jumlah mahasiswa 70 orang untuk bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris. “Secara nasional jumlah mahasiswa PPG Angkatan 1 ini ada sebanyak 15.086 orang. Ke-70 orang mahasiswa Angkatan 1 ini sebagian besar berasal dari provinsi Sumatera Selatan, hanya 5 orang dari Bengkulu dan 2 orang dari Lampung. Seharusnya pelaksanaan Uji Pengetahuan (UP) untuk Angkatan 1 ini pada akhir Agustus 2021 nama karena ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka UP baru dilaksanakan awal September 2021 secara daring (online) dengan berbasis domisili. Saya laporkan juga semua alumni lulusan LPTK UM Palembang,” kata Saleh.

Selanjutnya, PPG angkatan kedua FKIP UM Palembang belum mendapat amanah penyelenggaraan PPG dikarenakan jumlah peserta PPG hanya sedikit yaitu 11.586 orang dan hanya dilaksanakan oleh 59 dari 75 LPTK yang punya izin operasional PPG. PPG Angkatan ketiga, FKIP UM Palembang mendapat 1 rombongan belajar untuk bidang studi Bahasa Inggris saja sebanyak 35 orang. Penetapannya berdasarkan surat Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan GTK nomor 3124/B2/03.15/2021. Pelaksanaannya dari Awal Juli sampai akhir Oktober 2021. Ke-35 orang mahasiswa Angkatan 3 ini sebagian besar berasal dari provinsi Riau dan Kepulauan Riau, hanya 3 orang dari Aceh, 1 orang dari Jawa Barat, dan 1 orang dari Bangka Belitung.  “Saya laporkan juga PPG Angkatan keempat, FKIP UM Palembang mendapat amanah menyelenggarakan PPG untuk 4 bidang studi yaitu; Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Biologi.  Dengan demikian dari total mahasiswa PPG UM Palembang Angkatan I, III, dan IV yang berjumlah (70 + 34 + 163 orang = 267 orang), yang belum lulus ada sebanyak 57 orang. Jika dipersentasekan kelulusan mahasiswa PPG yang kuliah di FKIP UM Palembang adalah sebesar 78,65%. Bagi yang belum lulus pada PPG tahun 2022 masih diberi kesempatan untuk mengikuti Uji Kinerja ulang atau Uji Pengetahuan ulang. Angka kelulusan 78,65% mahasiswa PPG UM Palembang menunjukkan bukti pelayanan dari para dosen dan guru pamong yang sangat baik. Untuk itu kami ucapkan terima kasih, semoga dedikasi yang telah diberikan menjadi amal bagi Bapak/Ibu,” tambah Saleh yang juga pada kesempatan ini mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara menyelesaikan PPG di Universitas Muhammadiyah Palembang. “Hari ini merupakan langkah awal bagi saudara untuk berkiprah di tengah masyarakat. Tegakkan nama baik Universitas Muhammadiyah Palembang kita dengan motto Unggul dan Islami. Teruslah berjuang untuk ber-amar makruf nahi munkar; menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; fastabiqul khoirots (berlombalah berbuat kebajikan) dimanapun Anda berada. Jadilah guru profesional dan mempesona para siswa,” tambahnya.
Di tempat yang sama, Dekan FKIP UM Palembang, DR. Rusdy A Siroj, M,Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para alumni PPG ini. “Alhamdulilah perjuangan sudah berhasil. Apa yang didapat selama ini belum merupakan sesuatu yang sangat ideal tapi kami berharap kalian terus belajar dan menimba ilmu. Guru pamong hanya memberi motivasi tapi kalianlah yang harus terus menimba dan memperkaya ilmu dan pengetahuan,” kata DR. Rusdy.
Ia juga memberikan apresiasi kepada guru pamong yang juga berjasa dalam proses belajar Program PPG ini. “Apresiasi saya ke guru pamong juga. Saya dan Pak Saleh ke sekolah-sekolah minta kesediaan dan melakukan MoU. Pada saat itu saya sampaikan bagaimana peran guru dan kepsek sebagai salah satu pengguna guru PPG. Bahwa ada tanggungjawab bagaimana ikut membentuk para guru PPG ini menjadi guru yang profesional. Mereka pemyambung estafet kita ke depan menjadi tenaga pengajar. Terima kasih atas kesediaan para guru pamong menjadi bagian dari program ini. Kepada para alumni PPG, jangan larut tapi buktikan di lapangan bahwa kalian layak terjun di masyarakat,” demikian pesan Dekan FKIP UM Palembang ini.

Di tempat yang sama, Rektor UM Palembang diwakili Wakil Rektor I Prof Dr Indawan, M.Pd dalam sambutannya mengatakan sebanyak 210 alumni yang sudah berhasil mengikuti tahapan pelaksaanan program PPG mulai dari pendalaman materi sampai ujian kinerja dan ujian pengetahuan. “Buahnya para alumni berhasil. kita bersyukur kepada Allah swt karena berkat rahmatnya kita bisa. Alhamdulilah kita berhasil disetujui dalam 4 bidang studi yaitu biologi, matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia menyelenggarakan PPG. Awal 2021 kita laksanakan program itu, kita berusaha secara maksimal dengan progres 70 persen peserta berhasil. Pak Rektor mengucapkan selamat atas keberhasilan ini,” kata Prof Indawan yang pada kesempatan ini memberikan dua kata kunci bagi pada alumni PPG yaitu guru menginspirasi dan guru mempunyai “learning to learn, beri strategi metode dengan harapan anak didik mengerti secara komprehensif,” ujarnya.
Selanjutnya, ada 4 perwakilan alumni dari masing-masing angkatan yang menyampaikan sepatah kata di antaranya Angkatan I oleh Muharam Saribi (bidang studi matematika, luring), Doraimon (bahasa Inggris, luring), I Made Budiarta (bahasa Indonesia, daring) dan Sylva Sagita (biologi, daring). “Penyerahan sertifikat pendidik hari ini sebagai akhir dari perjuangan kami. sungguh tak terbayangkan beban masa sulit pandemi waktu itu. Tapi kita bersyukur UM Palembang punya tim yang berkompeten sehingga kita tetap semangat. Perjuangan ini bukan diukur selembar kertas sertifikat tapi lebih bagaimana ke depan kita bisa membuktikan diri ke depan dengan eksistensi kita. Kami mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan seluruh civitas mulai dari rektor, para wakil rektor, dekan, para wakil dekan, guru pamong dan tim pengelola dan tim IT. Kami mendoakan semoga UM Palembang jadi lembaga penyelenggara PPG terbaik,” ujar Muharam Saribi, mewakili Angkatan I. (*)

 


Penyerahan sertifikat pendidik oleh Dekan FKIP UM Palembang DR. Rusdy A Siroj, M,Pd

Penyerahan sertifikat pendidik oleh Koordinator PPG Dr. Saleh Hidayat, M,Si

Penyerahan oleh Koordinator PPG yang baru Dr. Bonita Hirza, M.Pd.,

Sambutan Wakil Rektor I Prof Dr Indawan,M.Pd.

Sambutan Dekan FKIP UM Palembang


Laporan Koordinator PPG, Dr. Saleh Hidayat, M,Si

Foto bersama unsur pimpinan UM Palembang (Wakil Rektor I, Dekan FKIP UM Palembang, para Wakil Dekan FKIP UM Palembang, para guru pamong, tim penyelenggara dan tim IT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.