HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Penelitian untuk Bumi Indonesia Dorong Riset Program Studi Keperawatan UKMC

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Rangkaian acara digelar untuk menghadirkan semangat riset yang menggelora di antara para mahasiswa tingkat 3 semester 6 beberapa waktu lalu. Di mana setiap mahasiswa mendapat bimbingan dari seorang pembimbing yang mahir dalam bidang materi dan metodologi penelitian. Dari hasil riset, tiap mahasiswa merangkai poster hasil penelitian yang dipamerkan untuk umum. Observator dan pengunjung aktif memberikan tanggapan serta masukan berharga terhadap poster tersebut, membawa semangat kolaborasi dalam mengevaluasi dan memperbaiki riset.

Bahwa seorang mahasiswa tidak hanya sebatas akademik, tetapi juga menggenggam jiwa riset yang membentang dalam setiap langkah. Itulah semangat yang ditiupkan oleh Program Studi Keperawatan di Universitas Katolik Musi Charitas. Dengan tekad memupuk lulusan berdaya saing, baik dalam segi akademik maupun non-akademik, prodi ini menekankan pada pentingnya riset penelitian sebagai bagian tak terpisahkan dari perjalanan setiap mahasiswa. Ini menjadi pijakan kuat, menjadikan riset sebagai wujud sejati roh seorang mahasiswa yang mengharapkan kontribusi nyata bagi masyarakat. Upaya ini diselenggarakan di pelataran Hotspot dan di depan Laboratorium Keperawatan kampus Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas, berlokasi di Jln. Kol. H. Burlian Lrg. Suka Senang No 204 Km 7 Palembang, Sumatera Selatan.

Puncaknya, para pengunjung juga diminta untuk menilai kualitas riset yang telah dipersembahkan oleh mahasiswa. Kegiatan pameran ini diresmikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, Ns. Bangun Dwi Hardika, S.Kep., M.KM, serta didukung oleh sekretaris prodi, Ns. Keristina Ajul, M.Kep. Semua dosen pembimbing juga turut mendampingi.


Inisiatif bersemangat ini adalah buah dari upaya koordinator mata kuliah Metodologi, Ns. Ketut Suryani, M.Kep., yang tak hanya memberikan dukungan, tetapi juga penguatan kepada mahasiswa untuk merangkai riset hingga presentasi di hadapan publik. Hal ini diharapkan memberikan manfaat konkret bagi semua pihak. Koordinator Skripsi di Prodi Ilmu Keperawatan dan Ners, Ns. Lilik Pranata, S.Kep., M.Kes, menyambut baik kegiatan ini sebagai pijakan bagi mahasiswa dalam menyusun tugas akhir skripsi di akhir semester.

Dampak positif yang ditimbulkan oleh kegiatan ini melingkupi seluruh komunitas akademika di Fakultas Ilmu Kesehatan Unika Musi Charitas. Mendorong riset penelitian menjadi rutinitas membantu mencari solusi bagi permasalahan masyarakat. Tidak hanya itu, para mahasiswa menerima dampak langsung dengan mengaplikasikan riset yang mereka lakukan, menempa diri menjadi peneliti yang terampil. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *